Kembang Kenanga Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Kembang Kenanga Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kembang Kenanga Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Diposting pada

Kembang kenanga adalah jenis bunga. Nama latin bunga tersebut adalah cananga odorata. Nah, tanaman ini bisa tumbuh cepat dengan tinggi hingga 12 meter. Penasaran apa saja manfaat dari tanaman yang satu ini? Berikut informasi yang dapat anda simak.

1. Kandungan Pada Bunga

Bunga ini punya banyak kandungan yang sangat penting untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah geraniol, farnesol, asam bensoat, bensin asetat, kadien, eugenol, pinen, sadrol, dan linalool.

2. Dapat Digunakan Untuk Aromaterapi

Selain kandungan di atas, salah satu kandungan yang sangat menguntungkan dari bunga tersebut adalah adanya minyak atsiri. Kembang kenanga dapat dimanfaatkan sebagai parfum atau aromaterapi. Fungsinya tak lain untuk mengatur kelenjar adrenalin yang ada di bagian sistem syaraf. Sehingga, kandungan tersebut dapat menciptakan perasaan tenang, senang, dan mengurangi rasa gelisah, panik, juga marah.

3. Mengobati Kulit Kering

Kulit kering sangat membuat kesehatan kulit akan terganggu. Nah, anda bisa menggunakan ekstrak dari bunga tersebut yang berwarna hijau kekuningan. Fungsinya adalah untuk bahan dasar membuat sabun. Anda bisa menggunakan ekstraknya untuk mengatur kadar minyak kulit. Sehingga, sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan kulit kering.

4. Mengatasi Bau Badan

Bau badan adalah salah satu masalah besar yang bisa membuat percaya diri anda langsung hilang. Walaupun anda sudah mandi, terkadang bau badan bisa langsung muncul hanya dalam hitungan jam karena aktivitas yang berat, misalnya. Nah, anda bisa mengonsumsi bunga tersebut sebanyak 15 gram yang sudah dicampur denga gula batu. Caranya adalah dengan merebus dua bahan tersebut dalam 600 cc air bersih. Kemudian biarkan sampai mendidih hingga tersisa setengahnya saja. Jika sudah disaring, minum ramuan tersebut.

5. Obat Sakit Kuning

Kembang kenanga juga punya manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan, seorang pengembang dalam hal kesehatan masyarakat yang ada di Rumah Sakit Bethesda, tepatnya di Yogyakarta, yaitu R. Broto Sudibyo menyebutkan bahwa kembang tersebut dapat mengobati sakit kuning. Namun, sakit kuning tersebut bukan sakit kuning yang dipicu oleh hepatitis. Menariknya lagi, menggunakan ramuan tersebut secara alami tidak memberikan efek samping.

Caranya adalah menyeduh 3 kuntum bunga tersebut dengan air panas. Lalu, biarkan sampai air tersebut dingin dan minum sebanyak 1/3 gelas setiap hari tiga kali.

6. Demam Saat Nifas

Pernahkah anda mengalami demam ketika sedang nifas? Nah, masa nifas memang masa yang rentan mengalami gangguan kesehatan. Anda bisa menggunakan ramuan dengan menggunakan bunga yang satu ini. Caranya dengan menumbuk sampai halus tersebut, lalu tambahkan kembang turi, merah, asam, kencur, kunyit, dan jahe. Semua bahan ditumbuk sampai halus. Jika sudah, maka tambahkan garam secukupnya lalu tambah air bersih. Gunakan ramuan tersebut untuk ditapal di bagian perut. Atau, bisa juga digunakan untuk obat gosok di area punggung. Cara ini harus dilakukan sebanyak dua kali sehari secara rutin.

7. Mengobati Rematik

Untuk mengatasi rematik, anda bisa menggunakan kembang tersebut yang masih kuncup sebanyak 12 kuntum. Lalu, campur dengan daun sirkaya 30 gram, daun ketapang 20 gram, jahe 20 gram, merica 10 butir, dan kapur sirih. Tumbuk semua bahan bersama. Lalu, gunakan sebagai obat gosok di bagian tubuh yang sakit. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *