6 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Menyantap ubi ungu yang masih dalam kondisi masih hangat tentu sangat nikmat. Bagi banyak orang, ubi ungu tampak seperti makanan orang desa. Padahal, ada banyak manfaat ubi ungu karena kandungan nutrisinya yang juga tinggi

Dalam makanan yang satu ini, terdapat kandungan tembaga, lisin, kalium, magnesium, seng, karbohirdat, juga kalori. Tak hanya itu, masih ada segudang manfaat lainnya yang harus anda ketahui mulai dari vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan lainnya. Nah, berikut adalah manfaat ubi ungu yang dapat anda peroleh jika rajin mengonsumsinya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan zat antosianin pada ubi ungu berperan penting sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berperan untuk melindungi tubuh dari masalah kerusakan hati. Bahkan, antioksidan juga sangat penting untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan agar terhindar dari masalah stroke dan sakit jantung.

2. Sumber Vitamin A

Vitamin A dan beta karoten dalam ubi ungu sangatlah tinggi. Fungsi vitamin A tak lain adalah untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, vitamin A juga sangat bagus untuk menjaga agar tulang dan kulit tetap sehat. Sedangkan, kandungan betakaroten akan diperoleh oleh tubuh, lalu diubah menjadi vitamin A. Setelah diubah, maka akan memberikan pasokan hingga 200% vitamin A untuk tubuh.

3. Kandungan Vitamin Lengkap dan Beta Karoten

Apa jadinya jika tubuh mendapatkan vitamin yang lengkap ditambah dengan beta karoten? Maka yang terjadi adalah tubuh jadi lebih mudah untuk mencegah masalah serius seperti penyakit kardiovaskuler. Ubi berfungsi untuk memasok vitamin C.

Dengan adanya vitamin ini, maka akan membantu tubuh untuk mencukupi hingga 66% kebutuhan vitamin C. Apalagi, ubi punya serat yang tinggi. Jika dikonsumsi bersama dengan kulit ubi, maka akan memasok lebih banyak serat, bahkan lebih tinggi dibandingkan satu porsi oatmeal.

4. Membantu Peredaran Darah Agar Lancar

Pigmen pada warna ungu ubi ini sangat berperan penting untuk kesehatan. Pigmen tersebut dijuluki sebagai antosianin yang fungsinya adalah membantu melancarkan seluruh peredaran darah yang ada didalam tubuh. Antosianin merupakan antioksidan yang fungsinya adalah menyerap polusi udara. Sehingga, akan mencegah pembekuan darah dan membantu agar peredaran darah menjadi lancar.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ubi ungu memiliki kandungan yang sangat penting pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pectin dan serat. Kedua zat tersebut berfungsi untuk menjaga agar sistem pencernaan dan juga saluran cerna tetap dalam kondisi yang sangat baik. Berbagai gangguan kesehatan pun dapat diatasi seperti sembelit, wasir, atau bahkan masalah serius seperti kanker.

6. Mengatasi Diabetes

Penderita diabetes tentu harus pandai dalam menjaga tubuh, terutama memilih mana makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Bahkan, para penderita diabetes harus mampu mengurangi mengonsumsi nasi.

Nah, anda bisa menggunakan ubi ungu yang tetap memberikan rasa manis, namun dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Ubi ungu juga ubi kuning sangat baik untuk para penderita diabetes karena kandungan glycemic index atau GI nya yang rendah sehingga lebih rendah dibandingkan dengan nasi atau roti. Angka GI juga menunjuukkan apakah suatu makanan dapat menaikkan konsentrasi gula pada darah secara cepat atau lambat.

Itulah mengapa, ubi ungu ini memberikan manfaat yang sangat baik karena hanya berdampak kecil pada gula darah. Bahkan, menurut penelitian di University of Vienna, Austria menunjukkan jika penderita diabetes mellitus tipe 2 menunjukkan penurunan cukup besar dalam resistensi insulin sejak mengonsumsi ubi dalam jumlah banyak.

Itulah informasi tentang manfaat ubi ungu, semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *