4 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Secara Alami
4 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Secara Alami

4 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Diposting pada

Ada banyak sekali cara menurunkan kolesterol yang bisa anda lakukan sendiri di  rumah. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan untuk lebih sehat lagi. Tentu saja cara ini juga membantu anda terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya. Dengan menjaga pola hidup tetap sehat maka kadar kolesterol yang ada di dalam darah tetap terjaga dengan baik.

Kolesterol yang tinggi akan terjadi ketika kadar kolesterol di dalam darah berada di ambang normal, biasanya lebih dari 200 mg/dL. Jika kadar kolesterol di dalam tubuh tetap dibiarkan maka bisa meningkatkan resiko muncul berbagai macam penyakit misalnya saja seperti stroke dan jantung. Anda harus bisa menurunkan kadar kolesterol agar terhindar dari kondisi medis yang berbahaya.

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Alami

Jika anda memeriksakan diri anda ke dokter sudah pasti mendapatkan beberapa jenis obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Tetapi ana juga bisa menggunakan cara alami untuk tetap menjaga kadar kolesterol normal dan terhindar dari beberapa penyakit. Beberapa cara tersebut seperti berikut.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Agar bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah yang terlalu tinggi maka disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Di dalam sayur dan buah ada kandungan serat yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 500 gram dalam satu hari.

  1. Konsumsi makanan dengan omega 3

Selanjutnya anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega yang tinggi. Omega 3 akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Ada banyak sekali makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3, seperti ikan salmon, tuna, sarden, makarel, kacang kenari, dan juga biji chia.

  1. Pilih makanan rendah lemak

Untuk cara menurunkan kolesterol anda juga disarankan untuk memilih makan rendah lemak. Anda bisa mengkonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu dengan lemak rendah, kacang-kacangan, putih telur, tempe, tahu, dan juga polong-polongan. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan.

  1. Olahraga secara teratur

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya menjaga makanan saja tetapi juga harus sering berolahraga. Tentu saja hal ini sangat penting sebab olahraga membuat tubuh menjadi bugar. Tidak hanya itu tetapi juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Selain beberapa cara untuk mengatasi kolesterol di dalam tubuh anda juga harus tahu bagaimana cara mencegah penyakit tersebut datang pada tubuh anda. Jika kadar kolesterol sudah bisa normal maka ada baiknya agar tetap menjaganya untuk tidak naik. Caranya sangat mudah hanya menerapkan pola hidup sehat yang konsisten.

Mungkin beberapa orang ini sangat sulit untuk dilakukan tetapi jika anda memiliki niat untuk terhindar dari beberapa penyakit berbahaya dan kolesterol maka harus dicoba. Mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, makanan cepat saji, dan lainnya harus benar-benar dihindari.

Bagi anda yang suka sekali dengan makanan manis juga harus dihindari agar tidak membuat kolesterol cepat naik. Pastikan juga untuk sering mengecek kolesterol di dalam darah agar tahu apakah ada perubahan atau tidak. Periksakan ke dokter jika mengalami beberapa keluhan ketika sedang menjalani cara menurunkan kolesterol dengan cara alami.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *