Tekanan Darah Normal Dan 3 Tips Untuk Menjaganya
Tekanan Darah Normal Dan 3 Tips Untuk Menjaganya

Ketahui Tekanan Darah Normal Dan 3 Cara Untuk Menjaganya

Diposting pada

Mengetahui tekanan darah sebenarnya sangat pentingĀ  bagi semua orang. Tekanan darah normal juga bisa dibuat patokan bahwa anda sedang dalam keadaan yang sehat. Tekanan darah merupaan ukuran seberapa kuat jatnung anda memompa darah menuju seluruh tubuh. Agar organ di dalam tubuh bekerja dengan maksimal maka anda harus memiliki tekanan darah yang normal.

Orang dewasa dengan anak-anak akan memiliki tekanan darah yang berbeda. Jika orang dewasa maka teknan darah normalnya sektiar 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Angka 90 dan 120 adalh tingkat tekanan ketika jantung memompa darah menuju seluruh tubuh atau bisa juga disebut dengan tekanan sistolik.

Sedangkan untuk angka 60 dan 80 adalah tingkat tekann jantung ketika sedang istirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau sering juga disebut dengan tekanan diastolic. Tekanan darah normal dapat naik atau turun tergantung pada aktivitas fisik yang sedang dijalani dan juga kondisi emosional anda. tidak pelu panic ketika mendapati tekanan darah yang berbeda asalkan angka tersebut tidak terlalu tinggi ataupun rendah dalam waktu yang lama.

Jika anda sering sekali merasa pusing, pandangan menjadi kabur, kunang-kunang maka anda perlu berhati-hati sebab bisa saja hal tersbut merupakan gangguan tekanan darah seperti hipertensi dan hipotensi. Sebelum menduga sakit apa yang sedang dialami maka ada baiknya tanyakan langsung pada ahlinya atau periksakan tekanan darah anda.

Macam-Macam Gangguan Kesehatan Tekanan Darah

  1. Hipertensi

Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi dimana anda memiliki 130/60 mmHg atau bahkan bisa lebih. Kondisi ini memang cukup membahayakan jiwa dan tidak memberikan gejala yang jelas. Banyak juga pengidapnya yang tidak tahu bahwa mereka terserang hipertensi.

Hipertensi ini harus mendapatkan penanganan sebab jika tidak bisa menimbulkan penyakit yang mematikan seperti stroke dan serangan jantung. Tidak hanya itu tetapi juga bisa mengganggu pengelihatan dan menyebabkan organ rusak dengan fatal.

  1. Hipotensi

Sedangkan hipotensi merupakan tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Tekanan darah rendah ini sekalipu kronis tidak berbahaya jika tidak mengalami gejala seperti pusing, kelelahan, dehidrasi, mual, dan pandangan yang tidak jelas. Tidak hanya itu tetapi jika pernafasan menjadi cepat dan dangkal, pingsan, dan kurang konsenstrasi maka membutuhkan penanganan yang tepat.

Sekalipun ringan tetapi tekadan darah yang rendah juga bisa memicu kerusakan jantung dan otak. Ketika darah rendah anda rawan terserang beberapa penyakit seperti anemia, dehidrasi, ketikdakseimbangan hormone, menderita alergi atau infeksi, kehilangan banyak darah, dan masih banyak yang lainnya.

Tips Mendapatkan Tekanan Darah Normal

Untuk mendapatkan tekanan darah yang normal maka berikut ini yang bisa anda lakukan.

  • Olahraga menjadi aktivitas yang akan merangsang tubuh dan memproduksi asam nitrat. Zat ini akan membuka pembuluh darah terbuka sehingga tekanan mengurangi tekanan darah.
  • Menggunakan garam yang seimbang ketika sedang makan juga sangat penting untuk dilakukan. Tubuh kita hanya memerlukan 500 mg garam dalam satu hari. Maksimal batasi asupan garam sehari 2400 mg saja.
  • Cobalah untuk menerapkan pola makanan sehat dan gizi seimbang. Konsumsi makanan tersebut agar terhidnar dari hipertensi. Makanan yang sangat disarankan adalah sayurm buah, ikan, daging, kacang, unggas, susu rendah lemak, dan biji-bijian yang utuh.

Itulah beberapa informasi seputar tekanan darah. Seringkali disepelekan, memeriksa tekanan darah sangatlah penting bagi semua orang. Dengan memperhatikan tekanan darah normal dengan baik maka anda bisa menjaga dan mengerti kondisi kesehatan anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *