7 Manfaat Teh Pahit Untuk Kesehatan
7 Manfaat Teh Pahit Untuk Kesehatan

7 Manfaat Teh Pahit Untuk Kesehatan

Diposting pada

Teh pahit adalah teh yang tidak dicampur dengan pemanis. Sehingga anda tidak akan merasakan minuman itu manis, namun cenderung pahit. Teh adalah minuman dari pucuk daun teh. Ada banyak teh yang bisa anda nikmati, seperti teh oolong, teh putih, teh hitam, atau teh hijau. Lantas, apa saja manfaat teh pahit untuk kesehatan? Berikut informasi yang dapat anda simak.

1. Menangkal Radikal Bebas

Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh seorang peneliti di University of Kansas, tepatnya pada tahun 2007 yang juga dipresentasikan oleh lembaga American Chemical Society menyebutkan tentang apa saja kandungan didalam teh.

Katekin adalah senyawa penting didalam teh yang bekerja sebagai antioksidan. Katekin tidak hanya mengalahkan vitamin C juga vitamin E. tetapi, katekin bahkan berfungsi secara efektif, tak lain hingga 100 kali dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih efektif dibanding vitamin E.

2. Mengikat Logam

Kandungan flavanol pada teh pahit juga bekerja secara efektif sebagai antioksidan. Cara kerjanya adalah untuk mengikat logam yang telah masuk kedalam makanan juga minuman.

3. Menyehatkan Dinding Pembuluh Darah Kapiler

Senyawa flavanol pada teh pahit juga memberikan manfaat yang luar biasa. Anda bisa memperoleh manfaat seperti meningkatkan kesehatan dinding pembuluh darah kapiler. Sehingga, menjadi lebih kuat dan membantu meningkatkan kinerja tubuh untuk mengumpulkan vitamin C dari seluruh makanan yang masuk kedalam tubuh.

4. Membuat Tenang

Banyakorang yang sudah tahu bahwa salah satu manfaat teh pahit adalah untuk menenangkan pikiran. Menyeduh teh membuat siapapun yang mencium aromanya akan langsung merasa rileks. Hal ini terjadi karena kandungan asam amino L-theanin yang secara ilmiah dapat mendorong atau membentuk gelombang alfa yang ada di dalam otak. Sehingga, ketika meminum air teh, kita akan merasa lebih tenang.

  1. Mencegah Karies

Apa itu Karies? Karies terjadi karena ada kerusakan atau pembusukan tulang juga gigi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi teh. Pasalnya, teh juga mengandung fluoride. Fluoride dibutuhkan oleh tubuh yang menjaga agar gigi dan tulang tetap kuat dan sehat.

6. Mencegah Kanker

Hal yang tak kalah pentingnya adalah menggunakan teh pahit sebagai cara untuk mencegah sel kanker tumbuh didalam tubuh masing-masing. Ketika anda mengonsumsi teh secara rajin, sesuai dengan takaran saji yang tepat, maka akan memberikan kontribusi yang sangat baik untuk tubuh. hal ini dikarenakan teh juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya yang harus anda ketahui tentang teh pahit adalah bagaimana minuman tersebut mampu berperan secara efektifuntuk meningkatkan daya tahan tubuh. teh mengandung senyawa yang penting yang dapat menetralkan radikal bebas.

Ketika anda mengonsumsi sesuatu yang dapat melakukan hal tersebut, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Tubuh jadi tidak mudah sakit dan terntu juga bekerja dengan stamina yang baik. Apalagi, teh juga mengandung antioksidan yang fungsinya memang untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit timbul.

Nah, itulah informasi penting tentang apa saja manfaat teh pahit. Memang meminum teh pahit bukanlah pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, tidak sedikit yang merasa nyaman dengan megonsumsi teh pahit karena memangsudah terbiasa.

Anda hanya perlu mencobanya terlebih dahulu, lalu melakukannya secara rutin sedikit demi sedikit hanya untuk membiasakan lidah. Apalagi, anda ingin memulai hidup sehat dengan cara yang sederhana. Tentu meminum teh pahit ini bisa jadi pilihan yang tepat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *