Manfaat Tanaman Patah Sangkal Putung Tulang Untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Patah Sangkal Putung Tulang Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Patah (Sangkal Putung) Tulang Untuk Kesehatan

Diposting pada

Tanaman patah tulang juga populer dengan sebutan kayu potong, pacing tawa, kayu jaliso, tikel balung atau lainnya. Sebagai tanaman perdu, seringkali menjadi pilihan tanaman hias. Nah, di bagian batang tanaman tersebut terdapat getah putih. Kandungan getah tersebut sangat banyak seperti euphorbone, zat karet, zat pahit, dan euplol. Bahkan, terdapat pula zat lainnya seperti alaktucerol dan taraksasterol.

Tanaman perdu tersebut dijuluki sebagai tanaman patah tulang, karena memang salah satu manfaat yang paling terkenal adalah untuk mengatasi patah tulang. Bahkan, anda juga bisa menggunakannya untuk penyakit kulit. Berikut adalah informasi apa saja manfaat dari tanaman perdu tersebut untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Kapalan

Kapalan atau penebalan kulit, mengapa bisa terjadi? Hal ini dikarenakna adanya gesekan atau tekanan yang berlebihan dan terlalu sering. Kapalan juga dikenal sebagai callus. Munculnya callus adalah sebagia reaksi ketika tubuh hendak melindungi kulit bagian dalam yang lebih sensitive. Nah, kapalan seringkali terjadi di beberapa bagian tubuh seperti di jari, kaki, tumit, dan juga tangan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa perih juga terkadang ikut mnyertai.

Cara menggunakan tanaman tersebut untuk mengatasi kapalan adalah dengan merebus 1 genggam batang daun tersebut. Kemudian, biarkan sampai mendidih. Lalu, tunggu hingga hangat. Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam bagian yang kapalan selama 1/2 jam. Cara ini bisa dilakukan secara teratur.

2. Mengobati Kutil

Kutil terjadi karena adanya human papillomavirus, atau juga dikenal sebagai HPV. Biasanya, inilah yang menciptakan rasa tidak nyaman atau jua sakit. Nah, anda bisa menggunakan batang dari tanaman tersebut untuk mengobati kutil.

Cara menggunakan pengobatan ini adalah dengan merebus batang tanaman tersebut. Jika sudah dingin, campur dengan putih telur. Lalu, rendam bagian kutil selama 30 menit.

3. Mengatasi Batuk

Batuk adalah salah satu cara alami tubuh, terutama pad bagian sistem pertahanan di saluran pernapasan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi adanya gangguan dari luar. Fungsinya adalah untuk membersihkan lendir. Juga, batuk dilakukan oleh tubuh untuk menunjukan adanya iritasi yang disebabkan oleh asap dan debu supaya paru-paru kembali bersih.

Anda juga bisa menggunakan tanaman tersebut sebagai tanaman alami untuk mengobati batuk. Caranya yaitu dengan menggunakan akar tanaman tersebut untuk dikeringkan.

4. Obat Sakit Gigi

Sakit gigi tidak hanya membuat anda merasa tidak nyaman. Rasa nyeri bahkan selain membuat anda merasa tidak dapat beraktivitas seharian juga akan membuat anda malah kesakitan menahannya. Sakit gigi karena berlubang dapat diobati dengan menggunakan tanaman tersebut. Caranya terbilang mudah yaitu dengan meneteskan getah tanaman tersebut, terutama di bagian gigi yang sakit. Setelah itu, lakukan perawatan sebanyak dua kali sehari.

Hindari tertelan getah dari tetesan tersebut karena, getahnya sendiri mengandung racun. Efek samping jika tertelan adalah muntah, sakit kepala, dan juga mual.

5. Obat Sendi

Apakah anda pernah mengalami masalah seperti nyeri sendi? Nah, anda juga bisa menggunakan tanaman patah tulang untuk mengobatinya secara alami. Pengobatan ini juga cocok dijadikan pilihan obat alternative bagi mereka yang menderita sendi seperti rematik.

Cara menggunakan tanaman tersebut adalah dengan menggunakan getah tanaman tersebut. Lalu, balurkan pada bagian yang sakit.

Nah, itulah informasi tentang apa saja manfaat dari tanaman yang satu ini. Tentu pengobatan harus dilakukan secara rutin sampai sembuh. Semoga lekas sembuh dan semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *