Lumbricus rubellus Cacing Tanah Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Lumbricus rubellus Cacing Tanah Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Lumbricus rubellus (Cacing Tanah) Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Diposting pada

Lumbricus rubellus adalah cacing tanah. Pernahkah anda mendengar seseorang mengatakan bahwa cacing tanah sangat baik untuk mengatasi tipes? Sebelum menjawab apakah memang cacing tanah punya banyak manfaat untuk kesehatan, maka sangat perlu untuk mengetahui apa saja penelitian yang sudah dilakukan. Ternyata, dari hasil penelitian, cacing tanah punya selular mekanisme dan kekebalan humoral. Penelitian ini tidak main-main, karena sudah berjalan sekitar 50 tahun. Berikut adalah manfaat cacing tanah untuk kesehatan berdasarkan ilmu pengetahuan.

1. Kandungan Cacing Tanah

Alasan mengapa cacing tanah sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah setelah penelitian menunjukkan bahwa cacing tanah punya lebih dari 40 protein. Bahkan, hewan yang satu ini juga punya peran penting sebagai antimikroba, hemolitik, cytolytic, proteolitik, tumorolytic, dan hemagglutinating. Bahkan, cacing tanah juga mampu melakukan kegiatan seperti mitogenic.

Selain itu, cacing tanah juga disebutkan dalam hasil penelitian mengandung senyawa aktif. Fungsinya adalah untuk melumpuhkan bakteri pathogen, termasuk bakteri eschericia coli. Bakteri tersebutlah yang menyebabkan diare.

2. Obat Berbagai Penyakit

Mengingat ada banyak kandungan protein dan lainnya yang ada di dalam cacing tanah, tidak heran jika binatang ini juga sering dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit seperti darah tinggi, kanker, thypus, diabetes, diare, cacar air, kolesterol, lever, dan juga obat demam. Bahkan, anda juga bisa menggunakan cacing tanah sebagai obat rematik, obat jantung, dan obat untuk mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah.

3. Bisa Diolah Sebagai Makanan Sehat

Anda juga bisa mengolah cacing sebagai makanan yang sehat. Cacing tanah di beberapa negara seperti di Asia dan Afrika seringkali dijadikan makanan. Terbukti, cara ini efektif untuk menekan jumlah kematian.

4. Memiliki Antiobiotik

Selain hal-hal di atas, lumbricus rubellus punya kandungan antibiotic yang sangat tinggi. Antibiotic dibutuhkan dalam pengobatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang muncul dikarenakan adanya virus atau bakteri. Nah, anda bisa menggunakan acing tanah untuk mengobati sakit tipes, lever, jantung, kanker, dan juga kolesterol.

5. Meningkatkan Selera Makan

Apakah anda punya masalah dengan selera makan? Atau mungkin buah hati sedang rewel dan mogok makan? Anda bisa menggunakan cacing tanah untuk dijadikan cara yang paling ampuh sekaligus obat alami yang dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Menghancurkan Gumpalan Darah

Hal yang luar biasa lainnya tentang cacing tanah diungkapkan oleh seorang direktur. Ia berasal dari Hanoi Institute of Pharmaceutical yang ada di Vietnam. Sebagai penulis, ia juga menyebutkan berbagai macam khasiat tentang cacing tanah ke seluruh penjuru dunia. Namanya adalah Ba Hoang, MD, PhD. Bahkan, dari berbagai penelitian yang ia jalani, ia berhasil membuktikan khasiat yang sangat luar biasa dari binatang yang satu ini. Ia menggunakannya untuk mengobati penderita dengan sakit hipertensi, epilepsy, kejang ayan atau juga penyakit serius lainnya.

Lumbricus rubellus juga diteliti dalam berbagai penelitian di beberapa negara maju. Salah satu negara yang menelitinya adalah China. Penelitian tersebut dilakukan secara besar-besaran dengan total 453 pasien. Mereka adalah pasien yang menderita masalah dengan pembuluh darah. Penelitian yang terjadi di tahun 1990 tersebut berhasil menunjukkan 73% kesembuhan bagi seluruh pasien tersebut. Penelitian ini dilakukan di Xuanwu Hospital of Capital Medical College, Xiangzi Provicial People’s Hospital, dan Xiangxi Medical College.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *