Manfaat Daun Johar Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Daun Johar Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Daun johar, apakah anda sudah pernah melihat atau barangkali mendengar tentang tanaman yang satu ini? Memang, tidak banyak orang yang tahu tentang daun yang satu ini. Tanaman tersebut punya nama latin, yaitu Cassia Siamea. Tanaman tersebut tumbuh di pohon kayu yang punya cambium. Berikut adalah berbagai manfaat tanaman tersebut untuk kesehatan tubuh yang harus anda tahu.

1. Mengobati Malaria

Tanaman yang satu ini sangat populer sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit malaria. Malaria adalah kondisi sakit yang disebabkan oleh virus atau kuman yang dibawa oleh nyamuk anopheles.

Untuk menggunakan daunt ersebut sebagai obat sakit malaria, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Pertama, siapkan daun johar sebanyak satu atau dua genggam, lalu cuci hingga bersih. Jika sudah, rebus daun tersebut sampai benar-benar mendidih dengan 200 ml air. Setelah itu, anda bisa meminum air rebusan tersebut secara rutin yaitu sebanyak dua kali sehari.

2. Baik Untuk Penderita Diabetes

Sangat dianjurkan bagi para penderita Diabetes untuk mencoba mengonsumsi daun yang satu ini sebagai obat. Pasalnya, fungsi tanaman tersebut adalah mampu mengontrol jumlah atau kadar insulin yang ada didalam tubuh. Sehingga, anda dapat mencegah penyakit diabetes.

3. Menyembuhkan Kencing Manis

Selain baik untuk dijadikan sebagai obat untuk para penderita diabetes, anda juga bisa menggunakan tanaman yang satu ini untuk mengatasi masalah serius seperti kencing manis. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mengambil segenggam daun tanaman tersebut.

Lalu, cuci hingga bersih dan rebus bersama dengan satu gelas air. Kemudian, biarkan air hingga berkurang setengahnya untuk disaring. Air yang sudah disaring lalu diminum sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan hati dapat dicegah jika anda juga rajin mengonsumsi tanaman yang satu ini sebagai obat alami. Pasalnya, senyawa kimia yang ada pada tanaman tersebut dibutuhkan untuk memperbaiki performa hati juga membantu mencegah racun di dalam tubuh yang merusak jaringan hati.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Selain seluruh manfaat di atas, anda juga bisa mendapatkan manfaat lain yang diperoleh dari kandungan flavonoid. Fungi flavonoid sangat baik untuk membantu agar penyakit kronis pada tubuh dapat dicegah. Apalagi, terdapat pula kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan pada flavonoid.

Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan rajin menggunakan daun johar sebagai pengobatan alami di rumah adalah penyakit kanker, diabetes, tumor, TBC, stroke, dan lainnya.

6. Anti Virus dan Anti Inflamasi

Flavonoid pada daun tersebut juga sebagai salah satu zat yang akan memasok anti virus atau anti inflamasi pada tubuh. Sehingga, dapat diartikan bahwa tanaman tersebut akan bekerja untuk membasmi kuman atau juga virus yang ada di dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan terbebas dari masalah yang sangat mengganggu, seperti peradangan.

7. Menekan Penggumpalan Trombosit

Flavonoid pad daun johar akan bermanfaat sangat baik untuk mengurangi atau mencegah penggumpalan di trombosit. Sehingga, proses pembekuan darah dapat diatasi dengan baik. Manfaat flavonoid lainnya adalah untuk mencegah kekurangan trombosit di dalam tubuh. Bahkan, senyawa flavonoid ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cepat karena proses pembekuan darah dapat berjalan baik.

Nah, itulah informasi tentang apa saja manfaat yang dapat anda terima ketika anda rajin mengonsumsi daun tersebut sebagai obat herbal alami di rumah. Tentu saja, mengonsumsi daun tersebut harus dilakukan secara rutin karena manfaatnya yang luar biasa.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *