7 Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan
7 Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan

7 Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan

Diposting pada

Manfaat beras kencur bagi kesehatan sudah banyak yang tahu, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan obat tersebut sebagai jamu alami. Rasanya yang khas menjadikan beras kencur sebagai jamu favorit, bahkan bagi kalangan anak-anak sekalipun.

Dalam proses pembuatannya, jamu ini juga membutuhkan bahan-bahan alami lainnya selain beras dan juga kencur. Beberapa bahan tersebut adalah jeruk nipis, gula aren, garam, cengkeh, gula pasir, kayu manis, dan juga air. Nah, ada banyak manfaat yang anda dapatkan dengan rajin meminum jamu yang satu iniĀ  sebagaimana berikut.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi anak-anak, sering sekali kehilangan seleramakan. Kandungan kencur pada jamu tersebut berfungsi untuk menstimulasi tubuh sehingga nafsu makan dapat meningkat. Jamu tersebut juga sangat sering dijadikan alternative untuk mengobati anak-anak yang sering mogok makan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri yang memicu selera makan.

2. Mencegah Penipisan Dinding Lambung

Apa khasiatnya jika anak-anak atau orang dewasa rajin meminum jamu yang satu ini? Salah satu manfaat yang luar biasa adalah jamu tersebut dapat membantu mencegah penipisan dinding lambung. Dinding lambung yang menipis menjadi masalah besar terutama bagi para penderita maag. Obat maag yang diminum memang dapat meredakan gejala sakit maag. Namun, jika terus dikonsumsi menimbulkan efek lainnya yang cukup dilematis yaitu mengikis dinding lambung.

3. Obat Pegal-Pegal

Rajin meminum jamu beras kencur setiap hari akan sangat bermanfaat karena dapat menghilangkan rasa lelah atau pegal-pegal yang ada di tubuh. Sehingga, jamu yang satu ini sangat disarankan untuk diminum secara rutin bagi para pekerja berat, seperti kuli atau tukang. Bahkan, jamu ini juga bisa diandalkan untuk menjaga stamina para pria.

4. Obat Masuk Angin

Mungkin anda juga sudah tahu bahwa salah satu manfaat pada jamu ini adalah dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi gejala masuk angin. Masuk angin pertanda tubuh benar-benar lelah, sehingga terkadang disertai dengan gejala flu, demam, nyeri di bagian tubuh, atau perasaan tidak nyaman sehingga membuat performa atau produktivitas anda jadi terganggu.

Dengan rajin meminum jamu tersebut, maka nutrisi yang ada dalam jamu akan membantu tubuh agar mudah pulih kembali, termasuk untuk mengatasi rasa mual dan sakit kepala ketika masuk angin.

5. Obat Penghilang Nyeri

Hal yang tak kalah pentingnya yang dapat anda peroleh dengan rajin meminum beras kencur adalah untuk menghilangkan rasa nyeri. Khasiatnya tak lain sama seperti daun suji, daun salam, juga kulit pisang. Semua bahan-bahan alami tersebut ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri yang ada di bagian tubuh. Itulah kenapa beras kencur dapat dijadikan obat lelah.

6. Obat Batuk

Manfaat beras kencur yang tak kalah pentingnya adalah dapat dijadikan sebagai obat batuk alami bagi orang dewasa atau juga anak-anak. Jamu tersebut dapat meredakan batuk karena sensasi hangat yang akan menetralisir tenggorokan atau rasa gatal yang ada ketika sedang batuk. Selain itu, juga dapat digunakan untuk meredakan tenggorokan.

7. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala mungkin bukanlah penyakit yang serius atau mematikan. Akan tetapi, sakit kepala ini benar-benar sangat mengganggu, karena menciptakan rasa tidak nyaman yang membuat anda harus beristirahat total jika memang sakit kepala tersebut sering muncul.

Nah, anda bisa menggunakan jamu yang satu ini, terutama untuk sakit kepala sebelah atau migraine. Memang, sakit kepala bisa diatasi dengan berbagai obat generic. Akan tetapi, menggunakan jamu alami seperti ini jauh lebih aman, sebab tidak ada efek samping yang akan muncul dikemudian hari, walaupun anda rajin meminum jamu tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, itulah daftar manfaat beras kencur yang baik untuk tubuh, semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *