6 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah
6 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

6 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Diposting pada

Sebagai salah satu jenis sayuran yang yang kaya mineral, mentimun akan sangat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi saat mengonsumsinya di musim panas. Selain itu, mentimun sering dijadikan sebagai bahan makanan mentah, sehingga tidak perlu dimasak atau diolah terlebih dahulu. Nah, apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan? Berikut informasi yang dapat anda simak.

1. Kandungan Gizi

Dengan total 95% adalah air, maka sudah dapat dipastikan bahwa sayuran yang satu ini disebut sebagai sayuran yang rendah lemak, rendah kalori, rendah sodium, dan juga rendah kolesterol. Hal ini juga dijelaskan oleh USDA National Database Gizi, yang mana dalam 1 cangkir irisan timun, yaitu sekitar 119 gram, dapat memberikan air, kalori, protein, lemak, juga karbohidrat.

Itu artinya, untuk anda yang mengonsumsi secangkir timun, maka sudah cukup membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin K, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, juga vitamin A, dan folat. Bahkan, timun juga memenuhi kebutuhan thiamin, asam pantotenat, B-6, fosfor, tembaga, juga seng.

2. Menyehatkan Otak

Anda mungkin bertanya-tanya apa saja manfaat mentimun, namun otak mungkin bukan bagian yang anda pikirkan. Ya, faktanya timun memang sangat menyehatkan otak. Dalam sayuran yang satu ini, terdapat kandungan flavanol yang fungsinya adalah untuk meningkatkan memori, melindungi sel saraf otak, juga membantu mencegah penurunan fungsi otak karena faktor usia

Banyak penelitian yang menggunakan tikus sebagai objek menunjukkan bahwa senyawa fisetin juga dapat melindungi dari masalah Alzheimer.

3. Antioksidan Tinggi

Antioksidan dalam timu sangat bervariasi seperti kaempfenol, vitamin C, beta karoten, luteolin, apigenin, quercetin, dan juga flavonoid. Nah, fungsi antioksidan sendiri adalah untuk membantu agar dapat mencegah adanya perkembangan sel-sel abnormal pemicu kanker. Juga, timun akan membantu tubuh untuk mencegah masalah penyakit kronis, misalnya adalah sakit jantung.

4. Membantu Jantung Lebih Sehat

Salah satu manfaat yang paling luar biasa dari timun adalah bagaimana justru sayuran yang satu ini akan membantu jantung anda tetap sehat. Tak ubahnya seperti pisang, manfaat mentimun ketika dibuat jus adalah ketika kandungan serat dan magnesium didalamnya kemudian diolah oleh tubuh, terutama bagi para penderita darah rendah dan darah tinggi.

Cara kerjanya tak lain adalah dengan membuat kalium jadi lebih seimbang di luar sel-sel sehingga dapat juga mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. kalium juga merupakan ion positif yang akan mempengaruhi kesehatan jantung, terutama fungsi jantung, kontraksi otot jantung, juga transmisi impuls pada kontrol saraf jantung.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Timun juga sangat rendah akan kalori sehingga fungsinya tidak jauh berbeda dengan apel. Timun sangat penting untuk tubuh , terutama untuk anda yang harus bekerja keras untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi timun secara mentah layaknya camilan. Atau anda juga dapat membuat satu cangkir timun.

Timun punya kandungan serat yang teksturnya mirip seperti gel yang ada di dalam usus. Fungsinya adalah untuk membantu supaya sistem pencernaan berjalan lebih lambat. Jadi, perut anda akan terasa mudah kenyang, dan bahkan kenyang lebih lama, sehingga anda tidak akan banyak ngemil untuk menjaga agar berat badan tetap ideal.

6. Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat

Ketika anda mengunyah timun, maka yang terjadi adalah kelenjar air liur dapat diproduksi lebih banyak oleh tubuh. sehingga, zat asam yang ada dalam mulut juga bakteri yang ada disekitarnya jadi hilang.  Jadi, anda bisa mencegah sakit gusi dengan mencoba mencari manfaat mentimun yang dikonsumsi secara rutin.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *