5 Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Apakaha anda suka sayur genjer? Atau, ini adalah kali pertama anda mendengar sayuran yag satu ini? Untuk anda yang pernah tinggal di desa, sayur tersebut dapat ditemukan di pasar tradisional. Ya, sayur ini juga merupakan sayuran yang mana daunnya diambil dari sejenis tanaman eceng gondok. Sayur tersebut juga tumbuh di air. Berikut adalah berbagai manfaat dari sayuran tersebut.

1. Kaya Serat

Sayur-sayuran hijau tentu menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk tubuh. sayuran hijau sangat kaya dengan kandungan serat. Hal tersebut juga akan diperoleh bagi anda yang suka mengonsumsi sayur genjer. Kandungan serat akan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Dengan adanya serat, maka tubuh dapat bekerja secara optimal untuk membantu sistem pencernaan, mencegah sakit pada sistem pencernaan seperti sembelit dan membantu pencernaan makanan jadi lebih mudah. Tak hanya itu, serat juga berperan penting untuk melancarkan metabolisme tubuh. Bahkan, serat juga baik untuk mengikat lemak dan menstabilkan gula darah.

2. Kadar Protein

Dalam 100 gram sayur genjer, terdapat hingga 1.7 gram protein yang dapat diperoleh untuk tubuh. Tentu, kadar protein ini terbilang tinggi dan sangat penting untuk memenuhi nutrisi atau kebutuhan gizi tubuh.

Fungsi protein untuk tubuh juga sangat penting. Selain bekerja sebagai sumber energi, protein juga dibutuhkan tubuh untuk membentuk masa otot. Tidak hanya itu, tubuh juga butuh protein untuk meningkatkan stamina juga tenaga, serta mengikat lemak yang ada pada tubuh.

3. Kalsium

Kalsium yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan nutrisi tersebut juga terdapat pada sayuran yang satu ini. Bahkan, dalam 100 gram sayur tersebut terdapat hingga 62 mg kalsium.

Apa saja manfaat kalsium? Kalsium sangat penting perannya untuk tulang dan gigi. Selain membantu agar tulang dan gigi tetap sehat, mengonsumsi sayuran yang satu ini secara rutin akan membantu tubuh terhindar dari masalah osteoporosis atau tulang keropos.

4. Kandungan Fosfor

Ada sekitar 33 mg kandungan fosfor yang ada per 100 gram sayuran genjer. Dengan mengonsumsi sayur tersebut, maka akan ada banyak manfaat yang diperoleh tubuh, terutama untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Fosfor dibutuhkan untuk membantu kalsium sehinggga fungsinya tak lain adalah untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Serta, fosfor dan kalsium bisa bekerja sama untuk membantu tubuh agar terhindar dari masalah osteoporosis.

5. Zat Besi

Terakhir, kandungan yang tak kalah pentingnya bagi tubuh dalam sayuran yang satu ini adalah zat besi. Pada 100 gram sayur genjer terdapat 2.1 mg zat besi. Fungsinya tak lain adalah untuk membantu sel darah terbentuk. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan tubuh untuk mempercepat luka agar cepat sembuh.

Dengan mengolah sayur genjer sebagai menu sehari-hari, sering makan sayuran yang satu ini juga akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Misalnya, sayuran tersebut dapat digunakan sebagai peningkat nafsu makan, mencegah sakit perut karena sembelit, juga mencegah adanya kanker kolon yang berkembang didalam tubuh.

Cara mengolah sayuran ini juga terbilang mudah dan tersedia dalam berbagai pilihan. Anda bisa memasaknya sebagai sayuran tambahan pada gado-gado atau pecel. Selain itu, anda juga bis memasak dengan cara seperti menumis sayur kangkung. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, untuk itu usahakan untuk mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *