5 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan
5 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Diposting pada

Buah duku dihasilkan oleh sebuah pohon asli yang ada di Indonesia. Duku juga memang berasal dari Asia Tenggara, dan kini bisa ditemukan di berbagai wilayah di Asia. Ada banyak manfaat buah duku yang harus anda ketahui, terutama jika anda adalah penggemar setia buah yang manis yang satu ini.

Selain memberikan nutrisi yang cukup banyak, duku juga merupakan buah yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain manis, terkadang ada buah tersebut yang terasa asam atau sedikit pahit. Berikut adalah berbagai manfaat buah duku untuk kesehatan.

1. Obat Sakit Perut

Kandungan serat yang ada pada buah yang satu ini menjadikannya sebagai buah yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi buah duku secara rutin terbukti dapat mencegah kanker kolon, membersihkan tubuh dari berbagai radikal bebas, dan bahkan anda bisa menggunakan biji atau kulit buahya untuk obat disentri atau diare.

Mengapa duku bisa digunakan sebagai obat sakit perut? Selain serat, terdapat pula kandungan mineral, kalori, juga zat besi yang lebih tinggi pada buah tersebut jika dibandingkan dengan jeruk manis atau apel.

2. Antioksidan

Manfaat lainnya adalah karena adanya andungan vitamin C yang tinggi pada buah tuku yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dibutuhkan tubuh sebagai tameng atau pertahanan untuk menangkal radikal bebas. Dengan demikian, kerusakan pada tubuh karena polusi atau zat beracun dapat dicegah.

Sedangkan vitamin Cjuga dapat melindungi berbagai hal penting lainnya termasuk asam nukleat, karbohidrat, lipid, juga protein dari kerusakan karena polutan atau racun. Menurut penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam “Food Chemistry” menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah duku tak jauh berbeda dengan buah pisang dan papaya.

3. Menyehatkan Gusi dan Mulut

Keberadaan vitamin C juga sangat membantu menjaga agar mulut dan gusi tetap sehat. Bahkan, ada banyak vitamin C yang dapat ditemukan pada buah yang satu ini, sehingga dapat menjaga gusi agar tetap sehat. Jika tubuh kekurangan vitamin C, maka dapat menyebabkan gusi akan beradarah. Vitamin C juga bekerja secara aktif untuk menjaga agar lapisan sel yang ada pada mulut dan gusi tetap dalam kondisi yang sehat.

Selain itu, sariawan juga dapat dicegah jika tubuh mendapatkan kebutuhan vitamin C yang cukup. Dengan adanya fosfor pada buah tersebut, gigi juga menjadi lebih sehat, apalagi jika buah tersebut dikonsumsi secara teratur.

4. Membantu Tubuh Cepat Pulih

Adalah pilihan yang tepat bagi anda yang sedang sakit dan emrasa lemah untuk mengonsumsi banyak buah-buahan, salah satunya adalah buah duku. Buah yan satu ini sangat baik untuk memulihkan badan karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, buah ini sangat disarankan untuk para atlet yang kehabisan energi setelah melakukan latihan yang menguras tenaga.

5. Menurunkan Berat Badan

Apakah anda sedang diet? Anda juga bisa melakukannya dengan mencoba manfaat buah duku karena dapat mengontrol lemak. Selain itu, vitamin C yang ada pada buah duku juga akan mendukung biosintesis molekul kecil misalnya protein  yang dikenal dengan Carnitine.

Nah, fungsinya adalah untuk mengarahkan molekul lemak pada sel jaringan untuk melakukan pembakaran lemak. Jika dalam proses metabolisme molekul lemak masih sangat rendah, maka pasokan energi hanya sedikit dan akan mengakibatkan kelelahan.

Itulah berbagai manfaat buah duku yang dapat anda pelajari. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *