Manfaat Temulawak Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Temulawak Putih Bagi Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Temulawak Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Temulawak adalah tanaman rimpang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman temulawak putih adalah genus curcuma dan bahkan termasuk dalam kategori keluarga zingberaceae. Manfaat temulawak putih ini sangat luar biasa untuk kesehatan, sehingga tidak heran jika sering dijadikan sebagai komposisi atau bahan dasar obat herbal atau jamu. Berikut informasi yang dapat anda simak tentang apa saja manfaat temu putih untuk kesehatan.

1. Kaya Nutrisi

Pada temu putih, terdapat banyak sekali nutrisi yang sudah tidak bisa diragukan lagi dalam dunia kesehatan. Selain mengandung zat kuning yaitu kurkunin, terdapat pula kandungan minya atsiri pada rimpangnya yang terbagi dalam beberapa turunan. Pertama, adalah turunan guaian seperti kurkurnadiol, isokurkumenol, kurkumol, dan kurkumenol.

Kedua, terdapat turunan germakran yaitu dehidrokurdion dan kurdion. Sedangkan kandungan penting lainnya adalah asam metoksisinamat, kurkumanolid A, dan kurleumanolid B.

2. Obat Kanker

Kanker muncul akibat berkembangnya sel-sel jaringan tubuh baru yang tidak normal. Sel-sel tersebut disebut sebagai neoplasma. Pertumbuhannya begitu cepat dan bahkan sangat tidak terkendali. Penyakit ini muncul bukan karena infeksi bakteri, namun karena sel-sel organ mengalami mutasi genetic yang bersifat merusak tubuh.

Kandungan kurdiona, kurkumol, juga zedoarin pada temlawak putih sangat berkhasiat. Fungsinya adalah sebagai anti-neoplastik yang dapat bekerja melawan penaykit kanker. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kinerja tubuh, terutama dalam membentuk jaringan fibroblast liar di sekitar jaringan sel kanker. Sehingga, seperti membungkus sel-sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. Sel-sel kanker yang terbungkus tidak dapat berkembang lagi sehingga akan mati.

2. Mengobati Gejala Sakit Maag

Bagi para penderita sakit maag, tentu saja kebiasaan yang sering terjadi adalah karena memiliki pola makan yang tidak teratur. Sehingga, produksi asam lambung pun muncul berlebih. Ada banyak obat tradisional yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan ini, supaya tidak berkembang menjadi sakit yang serius. Caranya adalah dengan menggunakan temu putih. Anda bisa merebus kunyit putih untuk kemudian diminum air rebusannya. Jika ingin menambah rasa, tambahkan saja madu. Kemudian, minum ramuan tersebut ketika masih hangat. Jangan lupa, setiap hari minum ramuan tersebut sebanyak dua kali.

3. Obat Stres dan Cemas

Tahukah anda bahwa perasaan cemas atau stress berlebih sangatlah tidak baik dan bahkan bisa berujung pada rasa putus asa? Banyak orang yang ingin mengakhiri hidup karena masalah yang sebenarnya tidak akan terjadi. Itu karena perasaan yang terlalu cemas atau stress menghadapi hal dalam hidup.

Banyak orang juga memiliki beban yang tidak mudah dalam hidup. Jika ini sedang terjadi pada anda, anda bisa melakukan banyak hal seperti menulis diary untuk menumpahkan rasa kesal, curhat pada orang yang anda percaya, atau bahkan dengan menggunakan manfaat temu putih untuk membuat syaraf rileks. Hal ini dikarenakan kandungan kloroform dan petroleum eter pada temu putih akan menghilangkan stress, cemas, juga bahkan untuk mengatasi masalah mobilitas dan sakit rematik.

4. Obat Gejala Arthritis

Manfaat temulawak putih berikutnya adalah untuk mengobati gejala arthritis. Sama seperti bagaimana cara kerjanya mengobati stress, kandungan petroleum eter dan juga kloroform yang ada pada ekstrak akar temu putih ini akan bekerja untuk menghilangkan kecemasan, mengurangi iritasi, juga meningkatkan motivasi untuk berjalan. Sehingga, para penderita arthritis juga dapatmengobati sakit karena pembengkakan sendi.

Nah, itulah informasi penting tentang apa saja manfaat temu putih, semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *