Tips Aman Menggunakan Earphone Agar Kesehatan Telingamu Tetap Terjaga
Tips Aman Menggunakan Earphone Agar Kesehatan Telingamu Tetap Terjaga

Tips Aman Menggunakan Earphone Agar Kesehatan Telingamu Tetap Terjaga

Diposting pada

Hampir semua orang suka memakai earphone untuk mendengarkan musik kesukaan atau mendengarkan video. Orang-orang suka memakai earphone karena sangat praktis dan nyaman, apalagi saat mendengarkan musik dengan earphone ketika bekerja, menemani di perjalanan, berolahraga dan lainnya.

Tapi, kamu juga harus dengan cara yang benar saat memakai earphone, sebab memakai earphone dengan cara yang tidak benar bisa berakibat buruk pada kesehatan telingamu. Supaya kamu bisa tetap aman saat menggunakan earphone, kali ini saya akan berbagi tips aman menggunakan earphone agar kesehatan telingamu tetap terjaga.

Gunakan Eartip Dengan Benar

Pastikan earphone menutupi telinga secara menyeluruh, untuk mendapatkan suara terbaik dari earphone kamu. Earphone biasanya akan lepas dengan sendirinya ketika kamu hanya menekan earphone ke dalam telinga. Ketika earphone kamu sudah terpasang dengan benar, perhatikan apakah masih terdengar suara di sekitar atau tidak. Jika masih terdengar dengan jelas berarti earphone belum maksimal terpasang pada telingamu.

Pilih Ukuran yang Pas

Pilih atau sesuaikan earphone dengan telingamu, cobalah berbagai ukuran earphone yang terbuat dari silikon yang ada di dalam paket penjualan. Cara yang baik untuk membuat telingamu nyaman adalah dengan melakukan langkah ini. Setiap telinga pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda, kamu perlu menggunakan ukuran earphone yang sesuai dengan telingamu.

Mendengarkan Dengan Volume Sedang

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik dengan volume yang kencang bisa membuat mereka merasa nyaman. Namun, mendengarkan musik dengan volume kencang justru bisa berakibat fatal pada telinga. Supaya telingamu tetap sehat, usahakan saat mendengarkan musik dengan earphone sukup dengan volume sedang saja.

Pasang Earphone Dengan Nyaman

Menggunakan earphone saat berjalan, biasanya earphone akan tertarik ketika kamu bergerak sehingga earphonep yang kamu pakai di telinga akan longgar, meskipun kamu sudah memasukan eraphone kembali ke telinga. Supaya telingamu bisa nyaman saat kamu menggunakan earphone, kamu bisa memindahkan kabel earphone ke belakang kepala dengan posisi kabel berada di atas telinga. Lalu posisikan earphone di telingamu dengan tepat.

Gunakan Stabilizer

Di dalam paket penjualan, biasanya tersedia stabilizer yang terbuat dari bahan plastik, pastikan kamu menggunakan stabilizer tersebut. Stabilizer ini berguna untuk mengganjal earphone agar tidak mudah goyang saat kamu bergerak. Kamu dapat menggunakan stabilizer tersebut untuk membantu earphone tetap berada di posisinya.

Jangan Biasakan Pakai Sampai Tidur

Saat tertidur, earphone akan semakin menekan telinga dan akan menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone. Selain itu, mendengarkan musik menggunakan earphone sampai tertidur dapat membuat otak kurang maksimal beristirahat, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dikhawatirkan dapat merusak sel-sel pada otak. Maka darai itu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan earphone sampai ketiduran.

Itulah tips aman menggunakan earphone agar tidak membahayakan kesehatan indra pendengaran. Semoga bermanfaat.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *