Terapkan 5 Strategi Ini Agar Bisnis Franchise Kamu Bisa Sukses dan Menguntungkan 4
Terapkan 5 Strategi Ini Agar Bisnis Franchise Kamu Bisa Sukses dan Menguntungkan 4

Terapkan 5 Strategi Ini Agar Bisnis Franchise Kamu Bisa Sukses dan Menguntungkan

Diposting pada

Bisnis Franchise saat ini sudah semakin tumbuh dan berkembang pesat dan tidak pernah memudar dari waktu ke waktu, terutama di Indonesia. Jenis bisnis ini selain menguntungkan, naiknya juga cukup cepat karena mengandalkan sebuah merek atau brand yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat. Pada dasarnya, bisnis franchise merupakan ikatan bisnis dimana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Sehingga hubungan antara pemilik franchise dan mitra harus terjalin dengan baik. Bisnis franchise kerap dianggap sebagai bisnis yang mudah untuk dijalankan. Padahal, jenis bisnis ini memiliki tingkat kerumitan yang sama dengan bisnis-bisnis lainnya. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat dalam menjalankan dan membangun bisnis franchise ini. Berikut 5 strategi yang harus di terapkan agar bisnis franchise bisa sukses dan menguntungkan.

1. Mempertimbangkan saat Memilih jenis Franchise dan Brand

Ketik sudah mengambil keputusan terjuan di dunia bisnis, kamu harus mempertimbangkan benar-benar jenis usaha apa yang ingin kamu jalankan. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus mempertimbangkan jenis usaha yang dibutuhkan masyarakat, besar peluangnya, tingkat kesulitan, strategi dan perencanaan yang matang.

Begitu juga dengan bisnis franchise, kamu harus bernar-benar mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sebelum kamu menjalankan bisnis franchise, pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan tepat dan matang. Jangan lupa juga untuk memastikan franchisor tersebut sudah mempunyai brand yang kuat dan sudah mempunyai popularitas yang baik di tengah-tengah masyarakat.

2. Merencanakan Semuanya Dengan Matang

Langkan dalam menjalankan dan membangun sebuah bisnis franchise yang selanjutnya adalah merencanakan semuanya dengan matang. Mulai dari cara memasarkannya, memilih lokasi, merekrut tim, dan berbagai kegiatan pemasaran dan operasional lainnya. Namun jangan terlalu berpaku pada perencanaan yang matang dan sempurna, eksekusi tetap menjadi langkah berikutnya yang harus segera kamu lakukan. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan dalam membangun sebuah bisnis.

3. Utamakan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan yang buruk terhadap pelanggan akan membuat dan mempengaruhi kepuasan para pelanggan. Selain itu, memberi layanan yang buruk juga akan merusak citra brand franchisor serta akan mempengaruhi relasi yang buruk dengan ke dua pihak utama tersebut. Agar pelanggan bisa puas dan relasi ke dua pihak bisa terjalin dengan baik. Usahakan untuk selalu memberi pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan dan pastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama dalam menjalankan bisnis franchise.

4. Manfaatkan Segala Sumber Daya dari Franchisor Dengan Baik

Pastikan kamu bisa memanfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor dengan baik, seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam sumber daya lainnya. Menguatkan relasi yang baik dengan franchisor juga membuat meraka membantu kamu dalam menyukseskan bisnis franchise. Sebagai pemegang hak jual, kamu sangat berpengaruh pada citra dan reputasi brand milik franchisor. Jadi, jangan pernah ragu dalam hal ini.

5.  Pilih Lokasi yang Akurat

Memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan dan membangun bisnis franchise. Lokasi yang strategis juga merupakan pintu menuju kesuksesan bisnis franchise kamu. Jadi, usahakan untuk memilih lokasi yang akurat dengan pasar dan target pelanggan kamu. Lokasi yang ramai tidak bisa menjadi jaminan bisnis kamu mampu memikat pelanggan untuk beramai-ramai datang ke lapak kamu. Maka dari itu,  pastikan lokasi yang kamu pilih benar-benar akurat untuk mendatangkan benyak pelanggan.

Ingatlah usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti.Saya yakin, dengan mengikuti sejumlah tips sukses bisnis franchise di atas, kamu tidak akan mengalami kesulitan menjalankan bisnis franchise.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *