Selain Untuk Bumbu Masakan Ternyata Serai juga Bermanfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan 7
Selain Untuk Bumbu Masakan Ternyata Serai juga Bermanfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan 7

Selain Untuk Bumbu Masakan, Ternyata Serai juga Bermanfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Diposting pada

Tahukah kamu jika serai bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan? Serai merupakan tumbuhan dari anggota rumput-rumputan yang pada umumnya digunakan untuk bahan atau bumbu masakan. Serai mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, dan banyak lainnya. Nutrisi yang ada pada serai sangat bagus dikonsumsi tubuh.

Serai merupakan bahan sedatif yang mengandung zat-zat bersifat analgesik, antiinflamasi, karminatif, antibakteri dan juga antikanker. Namun, kamu saat mengonsumsi serai harus dengan dosis yang pas dan tidak berlebihan. Berikut bebrapa manfaat serai untuk kecantikan dan juga kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat serai yang pertama bisa membantu menurunkan berat badan, cocok bagi kamu yang saat ini sedang melakukan diet. Serai dapat melancarkan pencernaan makanan, dan mengonsumsi serai juga bisa membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan berat badan.

2. Membantu Menghilangkan Ketombe

Tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, serai juga bisa menghilangkan ketombe di kulit kepala. Mengoleskan minyak serai di kepala ternyata bisa menghilangkan ketombe dan juga bisa membuat rambut menjadi lembut. Menggunakan minyak serai secara rutin bisa membantu menghilangkan ketombe di kepala, gunakan minyak serai minimal 15 menit sebelum keramas.

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Sifat antibakteri dan antimikrophobia yang di miliki serai bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Bagi kamu yang saat ini sedang mengalami masalah jerawat, kamu bisa mandi menggunakan sabun serai untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Berbagai macam kandungan yang ada pada serai bisa membunuh kuman dan mempercepat penyembuhan jerawat.

4. Membantu Mengatasi Gigi Berlubang

Mengonsumsi teh serai ternyata juga bisa membantu mengatasi gigi berlubang dan juga bisa mengatasi infeksi mulut. Serai memiliki zat antimikroba yang bisa melawan bakteri berbahaya penyebab kerusakan gigi. Selain mengonsumsi teh serai, kamu juga bisa berkumur dengan air rebusan serai untuk membantu mengatasi gigi berlubang.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Memanfaat serai untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit ternyata juga bisa, karena serai memiliki sifat antiseptik dan astringen. Selain itu serai juga memiliki sifat asam yang bisa membantu mencegah kanker kulit. Kamu bisa mengonsumsi wedang serai untuk meningkatkan kesehatan kulit dan bisa mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sebab serai mengandung antijamur.

6. Membantu Mengurangi Flu

Selain bisa menjaga kesehatan kulit, ternyata serai bisa di manfaatkan untuk meredakan flu. Gejala flu seperti demam dan juga hidung tersumbat bisa di redakan dengan mengonsumsi rebusan batang serai yang dicampur dengan madu atau gula jawa. Namun serai tak dapat menyembuhkan flu karena penyebabnya adalah infeksi virus.

7. Membantu Mengurangi Kolesterol

Manfaat serai memang begitu banyak, serai mengandung zat antikolesterol dan anti aterosklerosis yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol. Selain itu, kedua zat tersebut juga dapat menangkal proses pembentukan plak aterosklerosis.

Nah, bagaimana sudah tahu kan manfaat dari serai? Perawatan yang teratur tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *