Selain Penghalus Kayu Ternyata Amplas Memiliki Banyak Manfaat Lainnya 5
Selain Penghalus Kayu Ternyata Amplas Memiliki Banyak Manfaat Lainnya 5

Selain Penghalus Kayu, Ternyata Amplas Memiliki Banyak Manfaat Lainnya

Diposting pada

Amplas adalah sejenis kertas yang digunakan untuk membuat permukaan benda yang kasar menjadi lebih halus. Terdapat butiran pasir kasar dipermukaan sehingga amplas bisa di gunakan untuk menggosok permukaan yang tidak rata di berbagai benda, sehingga menjadi salah satu alat yang di gunakan para pekerja pada saat melakukan proses finishing.

Selain untuk meratakan atau menghaluskan permukaan pada kayu, ternyata ampelas juga berfungsi untuk menghaluskan berbagai benda atau bahan lain. Penasarankan apa saja manfaat dari penggunaan ampelas? Berikut ini adalah manfaat lainnya dari amplas.

Membuat Batu Akik Jadi Mengkilap

Pada umumnya batu akik di gunakan sebagai aksesoris untuk manambah gaya penampilan. Batu akik akan semakin indah kalau tampilannya semakin mengkilap dengan cara di amplas. Agar batu akik tersebut semakin mengkilap, anda bisa menggunakan amplas nomor 240 untuk menghilangkan sis lekukan akibat proses pembentukan tadinya, setelah lekukannya hialng boleh anda lanjutkan dengan amplas nomor 600 untuk menghilangkan pori-pori batu akik, kemudian pakai amplas nomor 1.500 untuk membuat permukaan batu akik semakin mengkilap lagi.

Membersihkan Sisa Lem

Saat anda mengalami masalah kebocoran pada pipa air di rumah, anda pasti tidak akan merasa bingung untuk mengatasinya. Namun, untuk menghubungkan pipa air yang bocor tadi pastinya anda harus membersihkan dahulu sisa lem yang menyebar pada pipa tersebut. Untuk menghilangkan sisa lemnya tadi anda hanya perlu menggunakan amplas agar tidak mengganggu proses penyambungan pipa.

Menghaluskan Permukaan Tembok

Alangkah baiknya sebelum anda mulai mengecat tembih rumah, amplas dahulu permukaan pada tembok agar permukaannya lebih halus dan juga memudahkan anda untuk mengecatnya. Untuk menghaluskan permukaan pada tembok rumah, gunakan ampelas nomor 120 – 160 untuk menghilangkan butiran sisa semen dan pasir.

Setelah itu, bersihkan permukaan tembok menggunakan air. Jika tembok sudah kering, anda bisa memulai pengecatan dengan warna dasar dan dilanjutkan dengan warna cat sesuai keinginan.

Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan

Saat anda naik kendaraan dan tidak sengaja berserempetan dengan kendaraan lain, pasti kendaraan anda akan tergores. Jika goresan pada kendaraan terlalu dalam makan tidak akan bisa hilang meskipun sudah di poles dengan cairan khusus, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan amplas.

Supaya lebih aman dan tidak merusak lapisan pernis, silahkan gunakan ampelas ukuran 4.000. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah membersihkan permukaan bodi mobil dari kotoran dan debu yang menempel, lalu ampelaslah bodi mobil yang baret mengikuti arah baret.

Memadatkan Pori-pori Kayu

Selain untuk menghaluskan permukaan kayu, ternyata amplas juga bisa di gunakan untuk memadatkan pori-pori kayu. Mengamplas permukaan kayu akan menekan filler dan dempul sehingga pori-pori kayu menjadi lebih padat dan lebih kuat.

Pilihlah amplas yang sesuai saat mau di gunakan untuk menghaluskan material, sehingga pemakaiannya tidak boros dan lebuh efesien. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan ukurang amplas yang mau di gunakan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *