Sebelum Menyusun Rencara Bisnis Coba Perhatikan 5 Hal Ini 5
Sebelum Menyusun Rencara Bisnis Coba Perhatikan 5 Hal Ini 5

Sebelum Menyusun Rencana Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih dahulu

Diposting pada

Bagi kamu yang berniat untuk terjun ke dalam dunia bisnis, ada satu hal yang tidak boleh di lewatkan yaitu perencanaan bisnis. Bisnis tidak akan bisa berjalan dan tidak bisa berhasil tanpa adanya perencanaan bisnis. Namun, saat kita berbicara mengenai perencanaan bisnis, biasanya yang terbayang adalah konsep dan kerumitan prosedur yang harus di lakukan.

Sebenarnya perencanaan bisnis bisa di tinjau dengan berbagai pendekatan dan tidak selalu hanya berbicara tentang konsep yang kaku seperti produk, harga, tempat dan lain sebagainya. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah langkah saat menyusun rencana bisnis. Apa saja itu? Simak terus ulasan berikut ini.

1. Pahami Apa yang Menjadi Masalah Pelanggan

Saat kita baru memulai bisnis, ada salah satu hal yang sering terlupakan yakni apa yang menjadi masalah pelanggan. Ini menjadi salah satu hal yang perlu di pertimbangkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan memperhatikan apa yang menjadi masalah pelanggan,  bisnis yang sedang kamu jalankan atau kembangkan bisa berjalan secara jangka panjang.

Tetapi, dari manakah kita bisa mengetahui apa yang menjadi masalah pelanggan tersebut? Biasanya yang menjadi masalah pelanggan berasal dari kebutuhan pelanggan. Untuk mengatasi apa yang menjadi masalah pelanggan, kamu perlu mengetahui pelanggan mana yang kamu taarget beserta data-data yang terkait dengannya.

2. Miliki Basis Data Pelanggan Secara Jelas

Pastikan kamu memikirkan siapa pelanggan yang nantinya akan membeli produk kamu, agar produk kamu bisa di terima dan mengalami peningkatan. Namun, biasanya kamu cenderung memikirkan berapa lama bisnis sudah berjalan dan berapa barang yang sudah terjual. Dan pada akhirnya kamu lupa siapa yang kamu hadapi dan kita tidak tahu siapa yang kamu tawarkan.

Masalah lain yang sering terjadi bagi mereka yang sudah menetapkan pelanggan adalah segmentasi terlalu luas. Sebenarnya, segmentasi yang luas sangat bagus buat mereka yang memiliki bisnis besar. Tetapi tidak bagus buat mereka yang baru memulai bisnis. Buat kamu yang sedang memulai sebuah bisnis, sebaiknya kamu menyasar segemen pasar yang lebih kecil namun jelas.

Semakin jelas data pelanggan yang kamu miliki, maka kamu juga akan semakin tahu dengan siapa kita berbicara dan menawarkan produk. Dalam mencari data pelanggan yang jelas, kamu harus memperhatikan etika dan jangan sampai melanggar hak dan privasi pelanggan. Saat ini, data pelanggan merupakan hal yang sangat berharga karena data pelanggan adalah aspek terpenting yang membuat sebuah bisnis bisa berjalan dan berkembang.

3. Pelajari Digital Marketing

Digital marketing dapat menjadi solusi pemasaran produk yang sedang kamu hadapi saat ini. Digital marketing sangat penting untuk kamu lakukan dalam pemasaran produk, karena masyarakat sekarang ini sudah terbiasa mendapatkan berbagai informasi untuk memenuhi kebutuhannya dari internet. Maka dari itu, proses digital marketing seperti website dengan SEO, digital ads, media social marketing perlu kamu persiapkan dari sekarang.

Kamu tidak harus mempelajari dan menggunakan semuanya sekaligus, minimal kamu mempelajari konsep dasarnya. Untuk mengawali, kamu bisa menggunakan salah satu media sosial yang paling mudah untuk kamu pelajari seperti facebook dan instagram. Jika kamu sudah mempunyai dana yang cukup, kamu juga bisa mengguanakan jasa digital marketing.

4. Membuat Tempat Untuk Mengumpulkan Pasar

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui asumsi mengenai pasar bisnis, maka hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat sebuah tempat untuk mengumpulkan mereka. Untuk mengumpulkan mereka dalam satu tempat, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial untuk mengumpulkan pasar dalam satu tempat.

Kamu bisa mengundang mereka di grup facebook atau medsos lainnya dengan promo. Contohnya, ”saya akan memberikan diskon jika kamu mau masuk ke grup saya”. Group ini bisa menjadi pancingan yang baik untuk mengunci atensi calon pelanggan yang kamu miliki dan memperluas pasar. Jika sudah mengumpulkan mereka dalam satu tempat, maka saatnya kamu mempromosikan produk dengan tawaran yang menarik.

5. Bentuk Sebuah Tim

Membangun sebuaah bisnis tentu tidak bisa di lakukan selamanya sendirian, kamu juga harus memiliki sebuah tim untuk bekerja bersama mencapai target bisnis. Dengan membentuk sebuah tim, binis yang sedang kamu jalankan bisa di kerjakan dengan lebih mudah. Namun, kamu harus membentuk sebuah tim yang bisa berkolaborasi dan memiliki skill yang tepat.

Inilah yang tidak bisa di beli dengan uang, melainkan butuh proses dan waktu untuk membentuk sebuah tim yang solid. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu memikirkan hal ini mulai dari skill dan kepribadian karyawan seperti apa yang di butuhkan dan bagaimana cara mengidentifikasinya. Dengan begitu loyalitas lebih cenderung akan terbentuk di masa depan.

Perencanaan bisnis tidak bisa di lakukan dalam waktu yang singkat, di butuhkan kesabaran dan kecermatan. Oleh karena itu di sela-sela waktu kosong yang kamu miliki, manfaatkan dengan baik untuk menyusun rencana bisnis yang kamu inginkan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *