Sadari 5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Konflik Di Tempat Kerja

Diposting pada

Konflik merupakan hal yang biasa terjadi di tempat kerja dan bisa terjadi di mana saja. Meskipun konflik menjadi hal yang wajar, namun kamu sebagai seorang pemimpin bisnis juga harus mewaspadai terjadinya konflik di kantor atau tempat usaha yang kamu jalankan. Saat terjadi konflik di tempat kerja, maka kinerja bisnis atau usaha bisa terhambat.

Tentu kamu tidak ingin hal ini sampai terjadi di tempat kerjamu kan? Nah, untuk itu kamu harus bisa menghindari penyebab konflik yang bisa terjadi di tempat kerja. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan konflik di tempat kerja.

Komunikasi yang Tidak Baik

Komunikasi yang baik bisa menciptakan hubungan kerja yang baik juga. Karena, salah satu yang sangat berperan penting dalam memperkuat hubungan dengan rekan bisnis, pelanggan, klien, dan dengan siapa saja adalah komunikasi.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat berkomunikasi dengan orang lain. Jangan sampai komunikasi yang baik menjadi tidak baik. Jika komunikasi menjadi tidak baik, maka akan timbul masalah dalam bisnis dan konflik di tempat kerja juga akan sulit untuk dihindari.

Hubungan Kurang Dekat

Selain membangun hubungan yang baik dengan orang-orang sekitar, membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di tempat kerja juga menjadi hal yang sangat penting. Sebagai pemimpin, kamu tida boleh bersikap terlalu menjaga jarak dengan karyawan atau dengan siapa pun.

Jika kamu sebagai seoranga karyawan, kamu juga harus bisa menciptakan rasa persaudaraan di tempat kerja. Usahakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, sehingga tidak ada yang merasa terasingi dan juga kenyamanan kerja menjadi lebih terjaga.

Kepribadian yang Tidak Sama

Kepribadian yang tidak sama pasti di miliki oleh setiap orang. Hal ini biasanya di akibatkan oleh latar belakang budaya, pendidikan, dan sosial. Ketika kamu tidak bisa memahami kepribadian orang lain, dan orang lain tidak bisa memahami kepribadian kamu, maka hal ini berisiko terjadi kesalahpahaman sehingga akan timbul konflik di tempat kerja.

Kompetisi yang Buruk

Biasanya, setiap orang akan merasa senang ketika mereka dipuji dan bisa menghasilkan pencapaian. Samah hal dengan ini, para karyawan akan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi yang terbaik demi meningkatkan jenjang karier dan profesionalitasnya. Tetapi, seringkali hal seperti ini justru menimbulkan suatu kompitis yang buruk atau tidak sehat.

Contohnya, ada seseorang yang menginginkan simpati dari bos atau ingin terlihat lebih baik, untuk mendapatkan itu semua orang tersebut nekat menjelek-jelekkan karyawan lainnya. Jika hal ini sampai terjadi, maka suasana kerja akan menjadi tegang dan kerja sama tim juga akan terganggu.

Stres dengan Pekerjaan

Stres dengan pekerjaan bisa terjadi ketika sesorang memiliki banyak hal yang harus dikerjakan. Saat menghadapi suatu hal yang tidak di sukai, setiap orang cenderung lebih cepat emosi. Contohnya, kamu akan lebih cepat emosi ketika sedang di beri masukan, meskipun sebernarnya kamu diberikan masukan yang baik.

Namun, begitu juga dengan karyawan atau bawahan yang ada di tempat kerja. Mereka akan lebih cepat emosi di saat bertambahnya tekanan kerja. Emosi tadi akan berakibat pada diri yang sulit untuk di kontrol, sehingga konflik akan langsung terjadi.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *