Merasa Boros Berikut 5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Kamu Dengan Jijak 5
Merasa Boros Berikut 5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Kamu Dengan Jijak 5

Merasa Boros? Berikut 5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Kamu Dengan Jijak

Diposting pada

Mengatur keuangan bukan saja memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan seimbang, tidak besar pasak daripada tiang sehingga menimbulkan defisit keuangan. Mengatur keuangan rumah tangga memang susah-susah gampang. Meski sulit di awal, kamu bisa melatih dan membiasakan diri untuk menciptakan keuangan yang lebih sehat.

Kebanyakan orang biasanya akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara foya-foya pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat akhir bulan. Selalu saja ada kesalahan yang membuat kamu dan keluarga menjadi tidak bisa menabung. Salah satu permasalahannya mungkin karena pengelolaan kamu kurang tepat. Oleh karenanya, kamu perlu tahu betul pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang, serta melakukan upaya penghematan.

Kamu juga tidak perlu bingung mau memulai dari mana karena kamu bisa mulai dengan melakukan lima cara mengatur keuangan berikut ini.

Hindari Belanja Berlebihan

Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Jika kamu tidak ingin bersedih ketika tanggal tua, maka cobalah untuk mengontrol diri saat berbelanja. Membuang uang untuk membeli suatu barang yang tidak penting bukan tindakan yang bijak kamu lakukan. Bertindaklah yang bijak dalam berbelanja bila tak ingin kehabisan uang di akhir bulan.

Menabung

Cara menabung yang baik bukan menyimpan sisa uang setelah sudah belanja, melainkan menentukan jumlah uang yang ingin ditabung setiap bulan dan pisahkan ketika menerima gaji. Jadi, mulai sekarang cobalah mengubah caramu dalam menabung. Dengan begini, kamu bisa lebih rajin menabung dengan nominal uang yang sama setiap bulannya.

Cari Penghasilan Tambahan

Semakin besar penghasilan yang kamu dapatkan, semakin besar pula uang yang dapat kamu nikmati dalam memenuhi biaya hidup. Dan kamu juga tidak akan merasa kesusahan karena harus berhemat. Untuk mencari penghasilan tambahan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari membuka bisnis, berjualan online, maupun berinvestasi.

Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan, jika kamu dapat menggunakannya dengan cerdas uangmu akan semakin hemat. Misalkan, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan kamu. Hindari nafsu belanja yang tak ada habisnya hingga kesulitan untuk bayar tagihan dan akhirnya terjerat utang.

Membuat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan cukup dengan menulis pengeluaran sehari-hari dan jangan lupa mencatat pemasukan yang kita miliki, karena di akhir bulan kita akan mengevaluasi apakah pengeluaran kita lebih besar dari pemasukan atau tidak.

Mulailah merencanakan keuangan kamu, maka kamu akan memiliki tujuan keuangan yang jelas dan memiliki kebebasan keuangan yang di idam-idamkan oleh orang banyak.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *