Masih Dipercaya Sampai Sekarang! 7 Mitos yang Berkaitan Tentang Kehamilan


Sebagian besar orang yang ada di Indonesia masih lekat dengan beragam tradisi yang ada dan mitos juga masih menjadi hal yang selalu di kenal saat ini. Padahal zaman sekarang ini sudah sangat canggih dan berkembang pesat,tetapi berbagai mitos ini juga masih saja dipercaya sebagian masyarakat indonesia.

Masyarakat mempercayai bahwa mitos merupakan hal yang tak boleh di lakukan. Setiap daerah biasanya memiliki mitos tertentu yang dipercaya oleh masyarakatnya. Namun, mitos yang sering terdengar di setiap daerah yaitu tentang mitos ibu hamil, bahkan mitos ini hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Anda boleh percaya atau tidak percaya tentang mitos ini. Berikut ini Mitos tentang ibu hamil yang perlu anda ketahui.

Di Larang Membelai atau Memelihara Kucing

Ibu hamil di larang untuk tidak dekat-dekat atau memelihara kucing di rumahnya, karena bisa menyebabkan keguguran atau bahkan menyebabkan masalah kesehatan pada bayi yang ada dalam kandungan. Mitos ini sangat familiar, meskipun hal ini tidak selalu benar.

Di Larang Mandi Dengan Air Panas

Bayangkan jika selama masa kehamilan, dan anda tinggal di daerah yang dingin apakah anda harus mandi air dingin juga. Mitos ini tidak di benarkan, karena wanita hamil boleh mandi air panas. Tapi anjurkan untuk tidak berendam air panas, karena ini bisa mengganggu kesehatn bayi dalam kandungan.

Dilarang menggendong bayi di atas perut

Apakah benda yang diletakkan di atas perut membahayakan kondisi janin? Benar, tetapi Anda tidak perlu khawatir apalagi jika usia kehamilan masih di tri-semester pertama. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan cara menggendong bayi yang benar. Hindari membungkukkan pinggang dan punggung agar janin tidak merasa tertekan.

Dilarang Mengecat Rambut

Mempercantik penampilan merupakan hal yang sangat lazim dilakukan oleh wanita, termasuk saat masa kehamilan. Hanya saja, Ibu hamil perlu memperhatikan bahan-bahan yang terdapat dalam produk kecantikan yang akan digunakan. Di sarankan untuk menghindari bahan kimia yang mengandung merkuri, retinoid, dan zat berbahaya lainnya agar bayi dapat tumbuh dengan sehat.

Meletakkan bawang putih atau peniti di kamar tidur

Jin dan makhluk halus biasanya akan sering mengganggu bayi yang baru lahir. Agar tidak diganggu, anda perlu menaruh bawang putih dan peniti di sekitar kamar tidur bayi. Tapi, ini hanyalah mitos yang tidak perlu anda dipercaya, terutama pada zaman seperti sekarang ini.

Bawang putih dan peniti sama sekali tidak bisa mengusir makhluk halus. Agar bayi tetap aman, Anda harus ada di sampingnya selama 24 jam untuk memperhatikan kebutuhan bayi, terutama saat tidur.

Minum Air Kelapa Hijau Bikin Bayi Menjadi Putih

Air kelapa kaya akan elektrolit yang bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sehingga, ibu yang sedang hamil bisa merasa lebih sehat dan segar. Tapi, minum air kelapa hijau sama sekali tidakk memengaruhi ketuban atau kulit bayi.

Minum Es Buat Bayi Besar

Faktanya, air dingin dapat memperlambat kerja usus. Padahal, sembelit rentan dialami ibu yang sedang hamil. Sedangkan, sembelit tidak ada dampaknya ke ukuran bayi anda. Hal yang sering terjadi, ibu hamil minum es atau minuman dingin yang ditambah sirup atau gula. Dan alhasil, kalori yang diasup terlalu berlebihan bisa membuat bayi menjadi besar.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rizki Saputra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *