Lakukan 7 Hal Ini Agar Mendapatkan Paru Paru yang Sehat
Lakukan 7 Hal Ini Agar Mendapatkan Paru Paru yang Sehat

Lakukan 7 Hal Ini Agar Mendapatkan Paru-Paru yang Sehat

Diposting pada

Siapa sih yang tidak ingin punya paru-paru tetap sehat sampai tua, pasti semua orang menginginkannya. Tanpa paru-paru kita tidak akan bisa bernapas. Organ yang satu ini menjadi peran utama membawa oksigen dari udara menuju aliran darah dan juga untuk melepaskan karbon dioksida dari aliran darah menuju keluar ke udara. Tanpa oksigen sel-sel yang ada dalam tubuh tidak akan bisa bekerja dan tumbuh.

Sebenarnya tubuh sudah di lengkapi dengan sistem perlindungan yang bisa membersihkan paru-paru dari kotoran atau kuman. Namun, sistem perlindungan ini saja tidak cukup untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat. Karena ada beberapa zat berbahaya yang bisa merusak saluran pernapasan dan menggangu kinerja paru-paru, jika zat bebahaya ini di biarkan begitu saja makan akan menyebabkan penyakit pada paru-paru.

Oleh karena itu kita harus menjaga paru-paru agar tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Untuk menjaga paru-paru tetap sehat kita juga harus bisa memperhatikan gaya hidup, mengatur pola makan, dan beberapa kebiasaan yang baik. Terapkan 7 hal ini untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Berhenti Merokok

Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada paru-paru, diantaranya seperti kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronis. Seiringnya waktu, asap rokok juga dapat merusak jaringan paru-paru sehingga akan beresiko terkena kanker paru-paru. Untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk berhenti merokok mulai sekarang.

2. Hindari Minuman Beralkohol

Dalam sebotol minuman alkohol dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru, sehingga dapat mengganggu pernapasan. Maka dari itu hindari minuman beralkohol. Lebih baik memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, atau susu beruang dari pada mengkonsumsi minuman beralkohol.

3. Olahraga

Dengan malakukan olahraga teratur paru-paru akan menjadi lebih mudah menjaga suplai oksigen ke jantung dan otot-otot tubuh. Anda boleh melakukan olahraga apa saja untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan menjaga kesehatan, tidak perlu lama 10 -20 menit saja sudah cukup.

4. Menjaga Kualitas Udara

Anda perlu menjaga kebersihan udara di sekitar karena polusi udara di indonesia cukup banyak. Untuk meredam polusi udara yang masuk lewat jendela atau pintu, anda bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah atau menanam pohon di sekitar pekarangan rumah.Tanaman hijau dikenal sebagai penyerap zat karbon dan penyuplai oksigen terbaik yang akan membuat lingkungan di sekitar rumah anda lebih sejuk.

5. Pola Makan yang Sehat

Perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya ampuh membersihkan paru-paru. Hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi.

6. Hindari bau tajam

Benda yang memiliki bau busuk juga dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Karena pada saat bau tersebut masuk ke hidung, bulu hidung tidak dapat bekerja maksimal untuk menyaring bau. Alhasil, bau tersebut langsung masuk ke saluran pernapasan dan melemahkan kinerja saluran pernapasan.

7. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan hal yang paling penting untuk orang-orang yang rentan terhadap imfeksi paru-paru. Dengan selalu menjaga kebersihan maka penyakit yang biasa menyerang saluran pernapsan akan menghindar dengan sendirinya.

Cek Kesehatan Rutin

Jika penyakit paru-paru anda bertambah parah, sebaiknya lakukan check up secara rutin ke dokter paru-paru untuk mengetahui perkembangan kondisi paru-paru yang sebenarnya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *