Lakukan 5 Peregangan Sederhana Ini Untuk Mengatsi Leher Kaku 3
Lakukan 5 Peregangan Sederhana Ini Untuk Mengatsi Leher Kaku 3

Lakukan 4 Gerakan Peregangan Sederhana Ini Untuk Mengatasi Leher Kaku

Diposting pada

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh otot leher yang tegang atau keseleo. Jika tidak segera di atasi kondisi ini semakin lama akan semakin parah. Tidak perlu bingung untuk mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa gerakan ini untuk mengatasi leher yang kaku.

Awalnya pasti anda akan merasa sedikit sulit untuk melakukan gerakan peregangan ini. Hal ini sudah wajar bagi semua orang, karena otot leher belum lentur untuk melakukan peregangan tanpa merasakan nyeri. Berjalannya waktu, pasti anda akan terbiasa dan merasa nyaman gerakan ini.

Berikut beberapa gerakan yang disarankan:

1. Mendongakkan dan menundukkan kepala

Gerakan ini boleh anda lakukan dengan posisi berdiri maupun duduk. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan gerakan peregangan leher:

  1. Turunkan dagu anda ke arah dada dan tahan selama 15-30 detik. Pastikan otot anda merasa rileks, lalu angkat kepala anda secara perlahan.
  2. Kemudian naikkan dagu anda ke atas, tahan selama 10 detik. Setelah itu kembali ke posisi semula dan ulangi kedua gerakan tersebut sampai beberapa kali.

2. Memiringkan kepala

Lakukan gerakan ini dengan cara kedua kaki di buka selebar bahu dan lengan berada pada sisi tubuh Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Miringkan kepala ke kanan
  2. Tahan sekitar 10 detik, lalu kembalilah ke posisi awal dan ulangi gerakan yang sama ke arah kiri.
  3. Lakukan hingga 10 kali pengulangan.

3. Memutar bahu

Disarankan untuk melakukan gerakan ini dengan posisi berdiri agar lebih efektif, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Angkat kedua bahu anda, lalu putar ke depan sebanyak 6 kali.
  2. Kembalilah ke posisi semula, putar bahu ke belakang sebanyak 6 kali.

4. Tangan di belakang punggung

Berdidrilah untuk melakukan gerakan ini dan buka kedua kaki selebar bahu dan letakan tangan di samping badan. Setelah itu, lenturkan otot punggung anda dengan cara berikut:

  1. Ulurkan kedua tangan ke belakang punggung, genggam pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan.
  2. Gunakan tangan kanan anda untuk menarik dan meluruskan kedua tangan. Tarik sedikit demi sedikit hingga otot leher dan punggung sampai otot tidak terasa kaku lagi.

Saat melakukan gerakan peregangan ini, ingatlah untuk selalu memahami kebutuhan pada tubuh anda. Ini bertujuan untuk mengoptimalkan gerakan peregangan yang anda lakukan. Selamat mencoba.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *