Ketahui Beragam Manfaat Yang Dimiliki Daun Sirih Untuk Kesehatan 4
Ketahui Beragam Manfaat Yang Dimiliki Daun Sirih Untuk Kesehatan 4

Ketahui Beragam Manfaat Yang Dimiliki Daun Sirih Untuk Kesehatan

Diposting pada

Daun sirih sebenarnya sudah digunakan para nenek moyang kita sejak zaman dahulu. Daun sirih mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun sirih sangat bagus anda gunakan sebagai bahan alami untuk menyehatkan tubuh, dan sekarang ini juga sudah banyak yang menjualnya di pasar-pasar. Atau anda juga bisa menanamnya sendiri di rumah, lalu tinggal memetiknya saat anda membutuhkan.

Daun yang satu ini memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Sehingga sangat ampuh untuk membasmi berbagai macam masalah penyakit kulit. Tidak hanya berkhasiat untuk kulit. Saat dikonsumsi, daun ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan organ tubuh, terutama daun sirih merah. Sebagai obat diabetes dan asam urat.

Nah, apa saja manfaat yang di miliki daun sirih untuk kesehatan? Berikut beragam manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Menyehatkan Mata

Dengan menggunakan daun sirih anda sudah bisa mendapatkan mata yang sehat. Karena daun sirih mempunyai sifat anti bakteri dan antiimflamasi sehingga bisa menjauhkan dari berbagai penyakit gatal. Caranya menggunakannya, cuci bersih dan rebus daun sirih hijau atau merah sebanyak 20 lembar, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat yang paling terkenal dari daun sirih adalah untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Daun sirih memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri sehingga dengan mudah menghilangkan jerawat yang ada di wajah, punggung, maupun area dada.

Caranya mudah, bersihkan terlebih dauhulu beberapa lembar daun sirih, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian masukkan ke dalam rebusan. Gunakan handuk atau kain yang lembut, lalu aplikasikan air rebusan ke bagian kulit yang membutuhkan perawatan.

Membantu Menghentikan Mimisan

Daun sirih sudah sangat sering digunakan untuk menghentikan mimisan. Kandungan fenil popies dan terpene pada daun sirih yang menjadi peran untama dalam mengentikan mimisan. Cara menggunakan daun sirih untuk mimisan, anda cukup menggulung daun menjadi kecil, lalu masukkan ke lubang hidung yang sedang mimisan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sifat karminatif, usus, anti perut kembung dan untuk sifat-sifat daun sirih lainnya dapat membantu melindungi usus. Daun sirih bekerja untuk meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

Obat Diabetes

Komponen-komponen dan kandungan yang ada dalam daun sirih ini bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Karena itu daun sirih dipercaya untuk mengatasi penyakit diabetes. Caranya rebus beberapa lembar daun sirih, lalu konsumsi air rebusan tersebut secara teratur dan rutin.

Obat Asam Urat

Daun sirih juga bisa anda gunakan sebagai obat untuk rasa nyeri pada otot. Dengan meminum rebusan daun sirih secara rutin, daun sirih bisa membantu anda mengurangi asam urat secara alami. Cara menggunakannya, cuci dan rebus 8 lembar daun sirih dengan setengah liter air bersih. Tuang rebusan air jadi tiga gelas, minum satu gelas 3 kali sehari.

Ingat, manfaat daun sirih baru bisa anda rasakan secara maksimal kalau dikonsumsi sesuai anjuran. Takaran berlebih justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *