Inilah 5 Posisi Tidur yang Berdampak Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Inilah 5 Posisi Tidur yang Berdampak Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Posisi Tidur yang Berdampak Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Setelah anda melakukan aktifitas seharian pastinya anda akan merasa lelah, ini merupakan tanda kalau tubuh anda sudah menguras banyak tenaga sehingga anda butuh beristirahat terlebih dahulu. Dan istirahat yang anda butuhkan pastinya dengan melakukan tidur. Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ada hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan, yaitu posisi tidur. Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan tubuh anda dan terapkan sebaik mungkin. Ini adalah 5 Posisi Tidur yang Berdampak Baik untuk Kesehatan.

1. Tidur Terlentang

Tidur terlentang dianggap sebagai posisi tidur yang baik untuk kesehatan tulang belakang dan leher. Namun, jangan menumpuk bantal selama anda tidur. Karena hal ini bertujuan untuk menghindari leher terlalu menekuk dan mendengkur.

Posisi terlentang tidak dianjurkan untuk anda yang mempunyai badan gemuk atau obesitas, karena berpotensi menyebabkan gangguan tidur yang tidak bisa dianggap remeh di mana pernapasan sering kali berhenti selama anda tidur. Akibatnya otak akan kekurangan oksigen, serta kualitas tidur juga menjadi buruk, dan berakibat pada kondisi kelelahan ketika bangun di keesokan harinya.

2. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap menurut dokter memang bisa memperbaiki pencernaan, tapi anda harus bisa mengatur napas sebaik mungkin. Caranya bisa dengan memiringkan wajah ke satu arah atau lainnya supaya bisa mengatur napas dengan baik. Namun, tidur terlentang juga bisa membuat leher menjadi tegang sehingga bisa menyebabkan sakit pada punggung, karena lekukan pada tulang belakang tidak menempatkan posisinya dengan baik.

3. Tidur Miring

Jika anda adalah orang yang menyekuai posisi tidur miring anda harus tahu efeknya, karena tidur miring ke kanan dan ke kiri memiliki efek yang berbeda. Jika dilihat dari segi kesehatan tidur miring ke kanan dapat membuat lingkaran otot menahan asam lambung. Sehingga cairan asam lambung bisa mengalir ke kerongkongan. Ini dapat menimbulkan dada terasa perih, batuk, dan mulut terasa asam.

Sedangkan tidur miring ke kiri dapat menekan organ dalam seperti hati, paru-paru, dan lambung. Untuk ibu yang sedang hamil biasanya dokter menyarankan untuk tidur miring ke kiri, karena bisa memperbaiki sirkulasi darah ke janin.

4. Tidur Meringkuk

Posisi tidur meringkuk dengan lutut ditarik ke atas dan dagu miring ke bawah mungkin bisa membuat anda nyaman. Namun anda harus tahu kalau posisi ini bisa membuat rasa sakit pada punggung dan leher. Posisi tidur seperti ini bahkan bisa membatasi pernapasan. Posisi ini biasanya lebih di sarankan untuk orang yang memiliki masalah dengan mendengkur.

5. Tidur Menggunakan Bantal

Terlepas dari posisi tidur yang anda inginkan, anda bisa mendapatkan istirahat malam yang lebih baik dan sedikit rasa sakit di pagi hari dengan melengkapi tubuh dengan bantal. Orang yang tidur telentang dapat menempatkan sebuah bantal kecil di bawah lengkungan tulang belakang. Orang yang suka tidur miring dapat menempatkan bantal di antara lutut, dan yang tidur telungkup bisa menempatkan bantal di bawah pinggul untuk mendukung sendi dan relaksasi bebas rasa sakit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *