Ikuti 6 Langkah Ini Untuk Memulai Bisnis UKM dari Awal Bagi Pemula

Diposting pada

Sebelum kamu memulai bisnis UKM, alangkah baiknya kamu mengtahui langkah-langkah untuk memulai bisnis UKM terlebih dahulu. Agar bisnis yang mau kamu mulai ini bisa berjalan ke arah yang benar dan melalui perencanaan yang tepat. Sebagian pengusaha memang ada yang memulai bisnis UKM sacara dadakan dan dari hobi. Tetapi, bisnis yang di mulai secara dadakan atau dari hobi biasanya tidak dimulai dengan perencanaan yang tepat. Sementara bisnis yang di mulai dari awal, biasanya membutuhkan banyak persiapan dan perencanaan yang tepat.

Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan saat ingin memulai bisnis UKM adalah modal. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis UKM ini. Apabila salah satu hal ini sudah kamu siapkan, hal selanjutnya perlu kamu ketahui adalah langkah-langkah memulai UMK. Berikut 6 langkah untuk memulai bisnis UKM dari awal bagi pemula.

1. Riset Pasar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis UKM adalah melakukan riset pasar. Dalam melakukan riset pasar bisanya di lakukan oleh tim atau profesional. Tapi, jika kamu belum memiliki tim, kamu juga bisa melakukan riset pasar sendiri dengan cara belajat riset pasar dari internet.

Dengan melakukan riset pasar, kamu menjadi mudah untuk mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Kamu juga harus tetap melakukan riset pasa walaupun kamu sudah mempunyai ide-ide tertentu dalam membuat produk.

2. Buat Sample dan Portofolio

Langkah kedua yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis UKM adalah membuat sample produk dan protofolio. Sample dan portofolio berguna untuk kamu gunakan dalam mengajukan proposal dan untuk mengenalkan binis kamu pada klien. Saya sarankan untuk membuat sample yang unik dan berkualitas.

Misalnya, jika kamu ingin memulai usaha kerajinan tangan, maka kamu harus membuat dua atau tiga contoh kerajinan tangan yang mau kamu jual. Sample produk juga akan menjadi salah satu bagian dari portofolio bisnis kamu nantinya. Jadi, pastikan kamu bersungguh-sungguh dalam membuat sample produk.

3. Buat Brand

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah membuat brand. Brand berfungsi sebagai tanda bahwa produk tersebut asli hasil buatan bisnismu. Kamu hanya perlu membuat brand yang berupa stiker nama bisnis. Selain itu, kamu juga bisa membuat brand buat berupa watermark dalam sample produk, jika bisnis kamu berhubungan dengan produk digital.

Agar hasil sample produk dari bisnismu tidak di gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Usahakan membuat nama brand yang bagus, dan mudah di ingat. Karena, nama brand akan kamu gunakan selama bisnismu berdiri.

4. Mengenalkan Produk

Langkah keempat yang harus kamu lakukan adalah mengenalkan produk. Dalam mengenalkan produk, kamu tidak harus mengenalkan langsung ke pelanggan atau klien. Perkenalkanlah terlebih dahulu kepada teman, sahabat, atau saudara. Kemudian, mintalah pendapat kepada orang-orang yang telah kamu berikan sample produk tadi. Setelah kamu sudah mendapatkan pendapat, kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu sebelum menjual produk kamu kepada pelanggan.

5. Memulai Penjualan

Langkah yang selanjutnya adalan memulai penjualan. Berbagai macam cara bisa kamu lakukan dalam memulai penjualan. Contohnya, jika bisnis yang kamu jalani berupa makanan ringan, kamu bisa memulai penjualan dengan cara menaruh produk kamu di warung-warung atau di toko. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menjual produkmu melalui toko online. Walaupun caranya lebih rumit, tapi toko online bisa menjadi media yang paling tepat dancepat dalam mencari pelanggan.

6. Promosi

Setelah kamu sudah mulai menjual, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produkmu adalah dengan mengikuti pameran-pameran bisnis UKM. Namun, kamu juga harus tetap melakukan promosi di media sosial seperti Facebook dan Instagram, dengan begitu produk kamu akan dilihat semua pengguna media sosial tersebut dan cepat mendapatkan pelanggan.

Itulah, langkah-langkah memulai UKM dari awal bagi pemula yang bisa kamu terapkan. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *