Faktor yang Menyebabkan Rambut Putih Di Usia Muda
Faktor yang Menyebabkan Rambut Putih Di Usia Muda

Faktor yang Menyebabkan Rambut Putih Di Usia Muda

Diposting pada

Pada umumnya rambut yang terlihat putih merupakan salah satu ciri tanda penuaan, tapi disisi lain ada juga yang beranggapan bahwa rambut yang mulai memutih menandakan diri seseorang akan terlihat lebih deawasa dan bijaksana. Namun terkadang hal ini bisa menjadi sesuatu yang menghebohkan jika tanda-tanda rambut yang mulai memutih terjadi pada pada orang yang masih berusia muda.

Lalu kenapa hal yang sering di anggap sebagai tanda-tanda penuaan tersebut bisa terjadi pada seseorang yang masih muda. Apakah hal ini bisa di siasati untuk menjadikan rambut kembali normal dan sehat seperti semula. Sebenarnya rambut yang terlihat memutih secara lebih dini tersebut terjadi pada kaum pria dan wanita tanpa terkecuali, namun sebagian orang banyak yang beranggapan bahwa masalah ini lebih banyak terjadi pada kaum pria.

Rambut yang memutih sebenarnya bukan hanya menunjukan tanda-tanda penuaan namun ada hal lain yang mempengaruhinya seperti kurangnya asupan nutrisi, sering mengalami tekanan besar, dan bisa juga karena faktor genetis.

Berikut ini Faktor yang Menyebabkan Rambut Putih Di Usia Muda, di antaranya:

1. Mengalami Stres

Pakar kesehatan pernah mengatakan jika seseorang mengalami stres yang berlebihan akan menguras cadangan vitamin B12. Munculnya rambut putih yang terlalu cepat dan tidak terkontrol bisa juga di sebabkan oleh vitamin B12 yang terkuras, maka dari itu anda herus membiasakan diri untuk selalu berfikiran positif agar vitamin B12 tidak cepat terkuras.

Tips terbaik untuk mengatasi rambut putih adalah dengan mengatur keseimbangan kerja dan istirahat, dengan demikian stres yang anda alami bisa membaik. Adapun cara untuk memperlambat tumbuhnya rambut putih dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12.

2. Gizi Buruk

Rambut putih yang muncul terlalu cepat pada usia muda juga bisa di sebabkan oleh gizi yang buruk. Ada kalanya seseorang yang memiliki rambut putih di usia yang masih muda tubuhnya mengalami kekurangan gizi, hal ini bisa terjadi karena makanan yang di konsumsinya tidak memiliki gizi yang cukup. Masalah selain munculnya rambut putih pada seseorang yang mengalami kekurangan gizi yaitu rambut akan terlihat kemerahan, tidak terlihat sehat, dan rambut akan terlihat kusut.

Kalaupun ada seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi rambut putih juga masih tetap akan muncul, di karenakan saluran pencernaan dalam kondisi tidak sehat, misalnya seperti lambung yang mengalami luka sehingga gizi makanan yang masuk akan terbuang percuma dan tidak bisa di serap dengan baik oleh tubuh.

3. Faktor Keturunan

Munculnya rambut putih juga bisa di sebabkan oleh faktor keturunan yang berasal dari orang tua. Seseorang yang pernah mengalami masalah rambut putih yang tumbuh di masa mudanya maka ketika sudah memiliki anak masalah tersebut akan terwariskan kepada anaknya. Adapun hal lain yang bisa menyebabkan seperti kalainan hormon, efek sinar x, mengalami masalah pada imunitas tubuh.

Rambut putih pada saat ini bukan hanya menjadi masalah bagi orang yang sudah tua saja, tapi juga pada remaja ataupun anak muda yang memiliki gaya hidup tertentu yang akhirnya bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan di kepalanya.

Maka dari itu sangat di sarankan untuk selalu menjaga kesehatan, termasuk dengan menghindari hal-hal yang bisa menibulkan rambut putih pada kepala.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *