Berikut 7 Jenis Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol 7
Berikut 7 Jenis Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol 7

Berikut 7 Jenis Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Diposting pada

Kadar kolesterol yang tinggi bisa berbahaya dan bisa berakibat ke berbagai gangguan kesehatan, oleh karena itu menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah hal yang perlu dilakukan. Kolesterol tinggi juga tidak hanya mengincar para orang tua, anak-anak juga bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang tidak terjaga. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, salah satu caranya adalah dengan mengonsumi buah yang bisa menurunkan kolesterol.

Apa kamu sudah tahu buah apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Berikut 7 jenis buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

1. Apel

Buah apel kaya akan kandungan pektin yang dapat menyerap kolesterol, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Apel juga dapat mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Rutin mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung.

2. Alpukat

Alpukat banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Anggur

Anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu menurunkan kolestrol jahat. Anggur juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Itu Sebabnya anggur dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Caranya dengan meminum jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Jeruk Nipis

Buah satu ini mengandung senyawa flavonoid yang bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Cara mengonsumsinya pun mudah, kamu hanya perlu minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Sebaiknya diminum dua kali sehari, pagi dan malam agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

5. Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Selain itu, pisang juga mengandung kalian yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Pepaya

Pepaya di percaya sebagai buah yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mungkin karena pepaya merupakan buah yang tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Saat terjadi oksidasi, kolestrol dapat menempel pada pembuluh, yang pada akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim paraxonase untuk menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu Biji

Jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah karena adanya kadar kalium dan serat larut air. Selain itu, vitamin dan antioksidan yang di miliki jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *