Beragam Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan yang Tidak Pernah Kamu Sadari
Beragam Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan yang Tidak Pernah Kamu Sadari

6 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Diposting pada

Setiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda-beda, ada yang terbiasa mandi dengan air panas, tetapi ada juga yang mandi dengan air dingin. Banyak orang yang lebih memilih untuk mandi air hangat daripada air dingin. Memang air hangat bisa memberikan rasa nyaman dari pada mandi air dingin, padahal mandi air dingin dapat memberikan beberapa dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Bagi kamu yang tidak terbiasa mandi dengan air dingin, kamu bisa memulainya dengan mandi air hangat kemudian menggantinya dengan air dingin. Ada segudang manfaat saat seseorang mandi air dingin di pagi hari. Berikut beragam manfaat mandi air dingin bagi kesehatan yang tidak pernah kamu sadari.

Menghaluskan Kulit dan Rambut

Apa kamu sudah tahu bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut? Mandi dengan air dingin akan membuat kulitmu menjadi mengencang. Hal ini yang membuat pori-pori kulit menutup sehingga tidak ada kotoran yang masuk. Kulit wajah dan rambut pun akan terasa lebih halus.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu ekspresi yang pasti dialami saat mandi air dingin adalah kaget. Kaget yang kamu rasakan bisa memicu jantung bekerja lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh. Mandi air dingin di pagi hari juga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Ketika kamu mandi air dingin, sirkulasi darah akan lebih lancar dan juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun yang lebih baik.

Meningkatkan Kewaspadaan

Mandi air panas kadang terpaksa dilakukan saat sakit. Namun jika sedang tidak sakit, mandi air dingin lebih dianjurkan. Manfaat mandi air dingin ini dipercaya bisa mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Berdasarkan penelitian meta-analisis, mandi air dingin memiliki banyak efek fisiologis pada tubuh seperti peningkatan denyut jantung, tekanan darah tinggi dan peningkatan laju pernapasan.

Menurunkan Berat Badan

Mandi air dingin rupanya dapat membantu menurunkan berat badan. Bukan berarti jika kamu selalu mandi air dingin, maka berat badan kamu akan langsung turun. Tubuh manusia memiliki dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah tumpukan lemak saat tubuh mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh tetap hangat. Lemak jenis ini terbakar saat tubuh terpapar suhu dingin.

Membantu Pemulihan Nyeri Otot

Mandi air dingin ternyata sangat efektif untuk mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

Membantu Melawan Infeksi

Manfaat mandi air dingin yang terakhir adalah merangsang sel darah putih dalam aliran darah. Darah putuh berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh, sehingga risiko kamu untuk terkena flu dan pilek bisa menurun.

Bisa disimpulkan bahwa mandi dengan air dingin memiliki manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang memiliki masalah kardiovaskular, usahakan untuk menghindari mandi air dingin. Namun jika tidak ada kondisi medis yang mendasarinya, maka tak ada salahnya mandi dengan air dingin.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *