9 Tips Ini Sangat Efektif Untuk Mengatasi Pegal Pegal Di Masa Kehamilan 3
9 Tips Ini Sangat Efektif Untuk Mengatasi Pegal Pegal Di Masa Kehamilan 3

9 Tips Ini Sangat Efektif Untuk Mengatasi Pegal-Pegal Di Masa Kehamilan

Diposting pada

Setiap ibu hamil pasti mengalami hal yang sama, seperti rasa pegal di bagian-bagian tubuh tertentu atau di seluruh tubuh. Banyak faktor yang bisa menyebabkan rasa pegal saat masa kehamilan, mulai dari naiknya berat badan hingga kendornya otot yang di pengaruhi oleh hormon, ini semua bisa membuat kamu mudah lelah saat hamil.

Maka dari itu, supaya kamu merasa lebih nyaman dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu harus mengatasinya. Berikut ini tips yang sangat efektif untuk mengatasi pegal-pegal di masa kehamilan.

Sesuaikan Postur Tubuh

Usahakan untuk selalu menyesuiakan postur yang baik saat hamil. Dengan menyesuaikan postur tubuh, beban yang bertambah di bagian perut dapat seimbang. Sering menyesuaikan postur tubuh juga dapat mengurangi rasa pegal di bagian tubuh tertentu dan di seluruh tubuh. Selain itu, menyesuaikan tubuh juga dapat mengurangi resiko nyeri tulang parah yang membuat susah gerak.

Mengatur Posisi Tidur

Saat masa kehamilan, disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping. Dengan tidur posisi menyamping, rasa pegal di tubuh bisa berkurang. Namun, hindari posisi telentang karena akan membebani punggung dan membuat pegal-pegal semakin terasa.

Mandi Air Hangat

Cara ketiga untuk mengatasi rasa pegal adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dipercaya dapat mengurangi rasa pegal di tubuh selama hamil. Selain itu, mandi air hangat saat hamil juga bisa memperlancar peredaran darah dan membuatmu lebih rileks.

Pijat

Pijat sangat bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, mengurangi nyeri sendi, dan mencegah stres. Selain itu, pijat juga dapat membantu mengurangi rasa pegal saat masa kehamilan. Meski baik untuk tubuh, usahakan jangan pijat dengan asal-asalan. Alangkah baiknya kamu menyuruh orang yang sudah berpengalaman untuk pijat kehamilanmu.

Gunakan Penyangga Perut

Untuk mengurangi beban di perut, kamu dapat menggunakan penyangga perut supaya beban bisa berkurang. Penggunaan penyangga perut khusus ibu hamil dapat menahan beban yang berpusat di perut ibu hamil, mulai dari punggung, panggul dan mengurangi rasa pegal pada tubuh. Penyangga perut juga akan sangat membantu kamu aktif bergerak.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan yang di lakukan secara rutin bisa melancarkan peredaran darah ibu hamil serta dapat membantu mengurangi pegal-pegal selama masa hamil. Melakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur juga dapat memudahkan proses persalinanmu. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap pagi, yoga, senam ibu hamil, dan masih banyak lainnya.

Istirahat

Istirahat selama beberapa saat dapat mengurangi pegal-pegal saat hamil. Aktivitas seharian seperti duduk di meja kerja selama berjam-jam, atau sekadar berjalan dari satu tempat ke tempat lain dapat membuat otot dan sendi Ibu kelelahan.

Akupuntur

Akupuntur diketahui dapat mengurangi rasa pegal maupun rasa sakit saat masa kehamilan. Namun, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah akupuntur ini aman tau tidak ketika mau dilakukan dengan kondisimu.

Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Cara terakhir mengatasi rasa pegal saat hamil adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat ini akan menghambat produksi prostaglandin di tubuh, sehingga rasa pegal bisa berkurang. Namun, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *