9 Tips dan Trik Mendesain Rumah Sederhana yang Kece

Diposting pada

Bagi beberapa orang yang tidak ingin terlalu ribet dalam membersihkan rumah, rumah sederhana menjadi rumah yang sangat di damba-dambakan. Rumah sederhana bukan berarti rumah seadanya, tetapi rumah sederhana bisa menjadi rumah impian ketika penghuninya mampu merubah desain interior rumah dengan tepat. Dalam industri home and living, rumah dengan gaya sederhana sudah menjadi tren dari dulu. Hal ini di karenakan oleh preferensi pribadi maupun alasan finansial. Jika kamu ingin mencoba menerapkan rumah sederhana, simak terus ulasan ini. Karena kami akan membagikan beberapa tips dan trik mendesain rumah sederhana yang bisa kamu aplikasikan.

1. Menggunakan Rak Susun Praktis

Ketika mendesain rumah sederhana, kamu harus kreatif dalam dalam menyimpan barang. Sebab, rumah sederhana akan terasa sumpek jika barang-barang tidak di simpan dengan tepat, apalagi jika memiliki luas yang terbatas. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan model kabinet susun yang bisa kamu tata sesuai dengan kebutuhan. Meskipun hanya rumah sederhana, tetapi kamu juga harus mempunyai tempat untuk menyimpan barang-barang serta untuk merangkap dekorasi rumah yang kece.

2. Pilih Kursi Rotan

Untuk menciptakan rumah sederhana, sebaiknya kamu tidak menggunkan furnitur yang terkesan berat. Kamu bisa menggunakan furnitur yang lain, seperti furnitur yang dibuat dari rotan yang mudah dipindahkan. Menggunakan rotan sebagai furnitur juga tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak, furnitur rotan juga sangat tahan lama. Nuansa natural akan tercipta di dalam rumahmu dan bisa melegakan kesan sempit dalam rumah sederhana milikmu.

3. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang tepat di dalam rumah sederhana yang memiliki ukuran kecil bisa membuat rumah terasa lebih renggang. Usahakan cahaya alami dari sinara matahari bisa menyinari rumah sederhana dengan maksimal. Pastikan juga bahwa setiap sudut ruangan di dalam rumah sederhana sudah terkena cahaya lampu, sehingga bisa menimbulkan kesan ruangan yang relatif luas.

4. Menciptakan Ilusi Luas Menggunakan Karpet

Dalam mendekorasi rumah sederhana, permainan perspektif juga sangat berpengaruh. Misalnya saja dengan menggunakan karpet. Kamu harus menggunakan karpet berukuran besar untuk diletakkan di bawah mayoritas furnitur di dalam ruangan rumah sederhana. Selain menjadi dekorasi di dalam sebuah ruangan, karpet berukuran besar yang di letakan di dalam ruangan juga bisa menciptakan ilusi yang lebih luas.

5. Memanfaatkan Luas di Ruang Vertikal

Karena minimnya ruang lantai di rumah sangat sederhana, saatnya untuk berpikir luas ruang secara vertikal. Jika ruangan lantai di rumah sederhana milikmu berukuran kecil, kamu harus berpikir kreatif untuk bisa membuat ruangan terasa lebih luas. Kamu bisa memanfaatkan ruang vertikal dengan memilih furnitur berukuran tinggi, seperti rak dinding. Preferensi desain furnitur bisa kamu rubah dengan memprioritaskan ketinggian perabot, contohnya kamu bisa memesan furnitur yang berukuran pas dengan tinggi dinding. Dengan begitu, rumah sederhana milikmu bisa terasa tertata rapi dan lebih unik.

6. Hadirkan Tanaman Hijau

Hadikan tanaman hijau di sudut-sudut ruangan yang kosong untuk membuat suasana yang lebih hidup di dalam rumah sederhana. Tetapi, jangan lupa juga untuk menyesuaikan ukuran tanaman dengan besar ruang yang tersedia. Jika ingin menghemat ruangan, kamu bisa menggunakan tanaman yang di letakan di dalam pot gantung.

7. Mempercantik Sudut Ruangan

Salah satu tips yang perlu di miliki oleh setiap orang yang mendesain rumah sederhana adalah pandai memanfaatkan sudut ruangan. Sudut ruangan harus kamu perlakukan sama seperti ruangan kosong. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan sudut ruangan sebagai celah yang maksimal, misalnya saja kamu bisa menggunakan rak, kasur lipat, dan lemari sudut.

8. Menambahkan Dekorasi Cermin

Furnitur yang wajib digunakan dalam rumah sangat sederhana adalah cermin. Dengan adanya cermin di dalam rumah sederhana, ruangan yang terasa sumpek atau sempit bisa terasa lebih luas. Kesan luas bisa tercipta karena cermin memiliki gaya reflektif. Agar rumah sederhana milikimu semakin bergaya, kamu bisa menampilkan gaya artistik pada dekorasi cermin.

9. Berikan Dekorasi yang Menarik

Tambahkan dekorasi menarik di dalam ruang vertikal untuk mengalihkan perhatian dari luas ruang yang minim. Kamu bisa menggunakan berbagai hiasan dinding untuk membuat rumah sederhana terlihat lebih bergaya. Namun, jangan lupa juga untuk menggunakan hiasan dinding yang tidak berlebihan, karena akan hiasan dinding yang berlebihan bisa membuat ruangan terasa lebih sempit. Rak gantung bisa kamu gunakan untuk menghemat ruang jika kamu memiliki banyak hiasan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *