8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit 8
8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit 8

8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit

Diposting pada

Kulit merupakan organ paling luar dari tubuh, sehingga kulit menjadi sangat rentan mengalami kerusakan. Sel – sel yang ada pada kulit sebenarnya mampu melakukan regenerasi dengan cepat. Namun, kulit harus menghadapi serangan baik itu dari luar maupun dalam tubuh sehingga kulit sangat rentan terhadap kondisi cuaca, kerusakan secara fisik, perubahan suhu udara, berkurangnya kelembaban, radikal bebas, radiasi, dan masih banyak lainnya.

Kulit membutuhkan banyak nutrisi alami agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Maka dari itu, kita butuh vitamin A, vitamin E, vitamin C, antioksidan, asam lemak omega 3, serta mineral seng agar kulit tetap sehat.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyehatkan kulit, seperti:

1. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti salmon, makarel, hering, bahkan ikan teri bisa menyehatkan kulit. Beberapa jenis ikan tersebut mampu mengandung omega 3 yang penting sekali untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Asam lemak omega 3 mampu mengurangi resiko kanker kulit, melindungi kulit dari kerusakan yang di sebabkan oleh matahri, meningkatkan kelembaban kulit, memperkuat membrane kulit serta mengurangi peradangan pada sel kulit. Rutin mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan penampilan serta kesehatan kulit.

2. Jeruk

Asam askorbat yang terdapat pada jeruk membutanya mengangandung vitamin C. Vitamin C ini merupakan bagian terpenting dalam produksi kolagen yang di gunakan untuk menyusun jeringan intraseluler, jeringan otot, pembuluh darah, serta organ. Tinggi kadar vitamin C dalam tubuh akan membuat kulit terlindungi dari radikal bebas. Sebab, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini maupun keriput serta ikut meningkatkan penyembuhan luka dan noda bekas kulit.

3. Teh Hijau

Kandungan senyawa yang terdapat pada teh hijau ini bersifat antioksidan alami yang baik untuk melawan berbagai jenis kanker, khususnya kanker kulit. Selain itu, teh hijau juga mengandung tennin. Tenin merupakan suatu zat alami yang mampu mengurangi tanda-tanda keriput pada kulit.

4. Almond

Semua kacang yang bermanfaat bagi tubuh anda dalam beberapa cara, namun almond lebih baik di gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi kacang almond mampu melindungi dari efek sinar  matahari yang sangat berbahaya bagi kulit. Kacang almond mengandung vitamin E yang mampu mencegah kanker kulit serta berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

5. Brokoli

Mengkonsumsi brokoli bisa membuat kulit lebih tahan terhadap efek samping dari sinar matahari serta efek yang buruk dari radikal bebas. Dikarenakan brokoli mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehaatan kulit.

6. Gandum

Jenis-jenis makanan yang terbuat dari gandum bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Gandum mengandung mineral selenium yang mampu memperkuat sel-sel kulit luar serta meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas kulit anda. Jadi, mengkonsumsi gandum akan membuat kulit anda semakin kuat dan akan terlihat lebih muda.

7. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak mengandung vitamin A yang bersifat antioksidan yang kuat. Vitamin A inilah yang nantinya akan diurai menjadi beta karoten yang akan berperan dalam meningkatkan kesehatan kulit anda.

8. Air

Selain di sebabkan oleh sinar matahari, kulit yang kering juga bisa di sebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh. Agar anda tidak mengalami kekurangan cairan maka minumlah air yang cukup setiap harinya. Air mampu membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dengan cara meningkatkan buang air kecil dan juga menjaga kesehatan ginjal. Air juga akan menjaga cairan tubuh dan menjaga kelembaban kulit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *