Pemula Harus Tahu 7 Cara Efektif Merawat Tanaman Hias Supaya Tetap Segar 5
Pemula Harus Tahu 7 Cara Efektif Merawat Tanaman Hias Supaya Tetap Segar 5

7 Cara Efektif Merawat Tanaman Hias Supaya Tetap Segar

Diposting pada

Beberapa orang melakukan aktivitas merawat tanaman memang menjadi hobi yang paling asyik untuk dijalani. Menanam tanaman hias di rumah memang menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan stres. Selain itu, juga bisa menambah keindahan rumah serta rumah terasa lebih sejuk, dan teduh dengan adanya tanaman hias. Agar tanaman hias bisa berfungsi dengan maksimal, kamu juga harus tahu cara efektif merawat tanaman hias supaya tetap segar. Simak ulasan berikut ini!

Menyiram Tanaman

Cara merawat tanaman hias dirumah yang pertama adalah penyiraman tanaman. Namun kalian harus mengetahui jenis-jenis tanaman hias dulu sebelum menyiramnya, beda jenis tanaman hias juga beda cara penyiramannya. Kamu juga perlu memperhatukan saat menyiram tanaman, menyiram dengan air sedikit bisa menyebabkan tanaman menjadi kerin dan bahkan bisa mati. Sebaliknya, menyiram dengan air banyak bisa menyebabkan tanaman menjadi busuk.

Berikut ini tips-tips dalam menyiram tanaman hias:

  • Siram Tanaman di Pagi atau Malam Hari
  • Siram Tanaman Secara Merata
  • Siram Tanaman Secukupnya
  • Hindari Genanagan Air pada Tanaman
Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Seperti tanaman pada umunya, tanaman hias juga butuh sinar matahari untuk tetap hidup. Namun saat kamu meletakan tanaman hias di dalam ruangan, maka tanam hiasmu akan kekurangan nutrisi karena tidak bisa menangkap sinar matahari. Oleh karena itu, tanaman hias butuh sinar matahari untuk proses fotosintesis. Perlu kamu ketahui bahwa tanaman juga seperti manusia, jika sinar matahari mengenai tenaman hias secara berlebihan akan membuat tanaman kering, layu dan bahankan bisa mati.

Pastikan Kelembaban Tanaman

Setiap tanaman hias memiliki jenis yang berbeda-beda dan setiap jenis tanaman hias juga memiliki tingkat kelembaban yang berbeda-beda. Jenis tanaman hias akan sangat sensitif jika kamu meletakannya di dalam ruangan. Keetika kamu sudah melihat daun tanaman hias sudah memberi tanda kalau akan layu, berarti kamu perlu meningkatkan kelembaban ruangan. Caranya mudah, cukup dengan meletakkan ember yang diisi air atau kerikil di sekitar tanam yang sudah di basahi.

Pastikan Tanaman Tumbuh Subur

Cara merawat tanaman hias yang selanjtnya adalah dengan memastikan tanaman sudah tumbuh subur. Jangan lupa untuk selalu memberikan pupuk secara berkala, minimal 3 bulan sekali. Kalau tanaman hias kamu memang sudah tumbuh berukuran lebih besar, kamu juga bisa mengganti media tanam agar tanaman hiasmu bisa tumbuh dengan subur dan lebih segar.

Membersihkan Sekitar Tanaman

Sebenarnya merawat tanaman itu cukup simple, kamu hanya perlu menjaga kebersihan di sekitar tanaman. Jika kamu memiliki kebiasaan mem buang air bekas ke tanaman, maka usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan tersebut, karena itu dapat merusak tanaman hiasmu.

Pastikan kamu sudah memahami jenis tanaman sebelum mulai menanam dan jangan malas untuk mencari informasi cara merawat tanaman yang tepat khusus untuk jenis tanaman yang kamu miliki.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *