7 Cara Alami Paling Ampuh Untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal 3
7 Cara Alami Paling Ampuh Untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal 3

7 Cara Alami Paling Ampuh Untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal

Diposting pada

Pada umumnya tenggorokan gatal sering menyerang ketika masa perubahan cuaca atau peralihan musim. Selanjutnya tenggorokan gatal akan diikuti dengan penyakit flu atau batuk. Ketika itu mungkin hal pertama yang akan kamu alami adalah batuk kering. Batuk kering Sebenarnya bertujuan menyingkirkan lendir atau zat iritasi lain yang menyebabkan gatal.

Namun, batuk kering tidak selalu bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Untuk itu, kamu perlu mengatasinya agar rasa gatal di tenggorokanmu bisa segera hilang. Nah, Berikut ini merupakan 7 cara alami paling ampuh untuk mengatasi tenggorokan gatal.

1. Air Putih

Usahakan kamu jangan sampai mengalami dehidrasi, sebab tenggorokan gatal bisa terjadi ketika kamu mengalami dehidrasi. Maka dari itu, di sarankan untuk meminum air putih minimal sembilan gelas setiap harinya. Selain mencegah dehidrasi, minum banyak air putih juga bisa membantu mengatasi tenggorokan gatal.

2. Madu

Semua orang pasti sudah tahu bahwa madu sangat bagus untuk kesehatan. Tapi, apa kamu sudah tahu kalau madu bisa memabantu mengatasi tenggorokan gatal? Dan ternyata madu bisa membantu mengatasi tenggorokan gatal. Kamu bisa mencobanya dengan cara mengonsumsi madu sebanyak satu sendok makan per hari untuk mengurangi gatal pada tenggorokan.

3. Air Garam

Cara mengtasi tenggorokan gatal yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup berkumur dengan garam. Selain bisa mengatasi tenggorokan gatal, air garam juga bisa membantu mengurangi dahak yang berlebihan.

4. Jahe dan Lemon

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa madu memiliki manfaat untuk mengatasi tenggorokan gatal. Begitu juga dengan jahe dan lemon, keduanya juga dapat membantu menenangkan tenggorokan. Lemon juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu mencegah infeksi.

Cara membuatnya, masukkan 1 sdm madu ke dalam cangkir.  Lalu campurkan madu dengan air panas.  Campurkan dengan perasan 2 iris lemon. Setelah itu, parut sedikit jahe segar, aduk hingga rata. Kemudian minum sebanyak 2-3 gelas setiap hari, supaya tenggorokan gatal cepat hilang.

5. Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah dapat membantu mengatasi tenggorokan gatal. Cuka apel memiliki sifat antibakteri, sehingga bahan alami satu ini di percaya mampu mengatasi tenggorokan gatal. Caranya, campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam 250 ml air panas. Lalu, kamu boleh menambahkan madu untuk menambah cita rasa. Kemudian, tunggu sampai dingin untuk diminum, laku teguk perlahan.

6. Alang-Alang

Tanaman alang-alang memiliki sejumlah manfaat, salah satunya dapat mengatasi rasa gatal di tenggorokan, bahkan rasa gatal yang disertai dengan rasa sakit. Caranya, sediakan 1 genggam tanaman alang-alang dan cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus alang-alang di dalam air sampai menjadi 2 gelas. Minumlah alang-alang 2 kali sehari. Air rebusan alang-alang ini tergolong aman jika dikonsumsi setiap hari sampai tenggorokan gatal kamu sembuh total.

7. Bawang dan Gula

Cara mengatasi tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang dan gula. Cara ini belum banyak orang yang tahu, cara memanfaatkan kedua bahan ini juga terbilang unik. Cacah 3-4 siung bawang putih sampai halus. Lalu masukkan cacahan bawang putih ke dalam ½ gelas gula putih dan diamkan semalaman. Keesokan hari bawang putih dan gula akan mencair seperti sirup. Panaskan kembali kedua bahan ini, lalu minum sebanyak 1 sendok teh setiap 2 jam sekali.

Cara mengatasi tenggorokan gatal di atas bisa kamu gunakan sebagai obat pertolongan pertama. Kalau kondisi tenggorokan mu tidak segera membaik, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *