6 Tips Dan Trik Ini Sangat Efektif Untuk Mengusir Kutu Beras Yang Membandel 6
6 Tips Dan Trik Ini Sangat Efektif Untuk Mengusir Kutu Beras Yang Membandel 6

6 Tips Dan Trik Ini Sangat Efektif Untuk Mengusir Kutu Beras Yang Membandel

Diposting pada

Kutu beras bisa muncul begitu saja saat kita menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama, entah datangnya dari mana. Tak hanya membuat kita merasa geli karena keberadaannya, kutu beras juga akan membuat beras menjadi apek, kurang menarik dan tak seenak sebelumnya. Nasi yang dihasilkan pun biasanya juga tak seputih sebelumnya. Kalau sudah begini, tentu tak ada seorang pun yang ingin beras di rumah berkutu bukan?

Nah, berikut ini saya akan memberikan tips mengusir kutu beras yang langsung bisa anda coba di rumah.

Menjemur Beras

Menjemur beras secara langsung di bawah sinar matahari dapat membantu mengusir kutu yang ada pada beras. Karena, kutu beras tidak menyukai suhu yang panas sehingga dengan meakukan cara ini, kutu beras akan pergi dan membuat beras anda bersih kembali.

Cara menghilangkan kutu beras ini juga mudah untuk anda terapkan di rumah, karena anda hanya perlu menempatkannya di sebuah nampan, setelah itu tinggal jemur di bawah sinar matahari langsung sampai kutu beras hilang.

Menutup Penyimpanan Beras Dengan Kain Basah

Anda bisa memanfaatkan kain basah untuk menghilangkan kutu beras karena kutu beras juga tidak menyukai area yang terlalu lembap. Dengan demikian, anda bisa menutup wadah beras menggunakan kain basah sampai semua kutu menempel pada kain basah tersebut.

Menggunakan Daun Salam

Daun salam juga bisa anda gunakan sebagai alat untuk menghilangkan kutu pada beras. Karena, kutu beras tidak menyukai aroma kuat yang di miliki daun salam. Dengan memanfaatkan aromanya yang kuat, anda bisa meletakkan daun salam sebanyak 10 atau 15 lembar ke dalam wadah penyimpanan beras untuk menyingkirkan kutu pada beras anda.

Menggunakan Kulit Kayu Manis

Selain bisa di gunakan untuk mengusir semut ternyata kayu manis juga bisa gunakan untuk menghilangkan kutu beras. Caranya cukup memasukkan kayu manis ke dalam beras di tempat penyimpanan. Dengan memanfaatkan aromanya, anda bisa meletakkan kulit kayu ke dalam wadah penyimpanan beras untuk mencegah dan menyingkirkan kutu pada beras anda.

Menggunakan Lada Kering

Anda bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras menggunakan rempah-rempah yang satu ini, aroma pedas dari lada ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Caranya dengan memasukkan lada kering ke dalam tempat penyimpanan beras, agar lebih maksimal letakkan di bagian bawah, tengah dan atas agar kutu beras bisa hilang secara merata.

Menggunakan Daun Jeruk Nipis

Cara yang terakhir adalah menggunakan daun jeruk nipis.  Jeruk nipis biasanya di gunakan untuk menambah cita rasa pada masakan, tapi ternyata jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Dengan cara memasukkan daun jeruk nipis ke dalam tempat penyimpanan beras, kutu akan merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan beras karena kutu beras sangat membenci aroma dari daun jeruk nipis.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *