6 Inspirasi Desain Taman Tropis, Rumah Jadi Lebih Sejuk

Diposting pada

Rumah akan terasa gersang dan kurang hidup tanpa hadirnya sebuah taman, apalagi bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan. Kamu harus pandai menyiasati kelembapan yang tinggi dan cuaca panas dengan menghadirkan ruang terbuka di rumah, seperti taman. Ada beragam jenis taman yang bisa membuat rumah menjadi lebih hidup, salah satu jenis taman yang cocok untuk rumah di wilayah tropis adalah taman tropis.

Ada beraneka jenis tanaman yang di duduk di taman tropis, mulai dari pohon, semak, bunga tropis hingga rerumputan, yang tahan dengan panas matahari dan hujan. Tanaman yang sering di sebut atau di namai tanaman tropis ini memang dibiarkan tumbuh rimbun, sampai menyerupai tampilan hutan tropis. Berikut ini ada 6 inspirasi desain taman tropis yang bisa kamu jadikan ide untuk membuat di rumah.

1. Taman Tropis Menyatu dengan Teras

rumah kamu pasti akan menjadi lebih segar dan alami ketika di sekeliling samping rumah kamu buatkan taman tropis. Setelah membuatnta, kamu bisa mempadukan tanaman hias berdaun lebar, pepohonan, dan tanaman rambat. Kombinasi seperti gambar di atas sangat pas untuk taman yang terlingkup dari pinggir sampai bagian tengah rumah. Keindahan taman tropis yang ada di rumah kamu pasti akan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

2. Taman Tropis Modern

Taman tropis memang identik dengan tanaman warna hijau, namun bukan  berati kamu tidak bosa menambahkan elemen lain untuk membuat penampilan taman menjadi lebih modern. Selain itu, kamu juga bisa mengahdirkan elemen yang lainnya seperti batu kerikil, jalan setapak atau paving block, furnitur outdoor, dan kolam hias. Jika kamu bisa melengkapi semua elemen yang di butuhkan taman tropis, pasti taman tropis yang kamu buat bisa sangat sempurna dan pesona taman tropis pun tampil lebih memikat.

3. Taman Tropis Di Teras Belakang

Bagi kamu yang mempunyai lahan atau area terbuka di belakang rumah dengan ukuran yang cukup luas, kamu bisa menciptakan taman tropis layaknya pada gambar di atas. Taman topis ini mencakup semua strata tanaman tropis. Kamu juga bisa menghadirkan tanam perdu, semak, bunga, dan pohon secara bersamaan pada taman tropis ini.

Dalam menata taman tropis yang berkonsep hutan mungil bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Caranya dengan mengelompokkan tanaman berdasarkan ukuran (tinggi-rendah tanaman), warna, dan bentuk daun. Tanaman tropis yang bisa menjadi piligan untuk mengisi taman tropis mulai dari jenis adenium, kamboja, kuping gajah, pisang kipas, palem, dan bougenville.

4. Taman Tropis Vertikal

Tidak memiliki area terbuka atau lahan tanpa ekspos tanah bukanlah hal menjadi halangan untuk membuat taman tropis di rumah. Kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan penataan tamanan taman tropis secara vertikal. Manfaatkan dinding-dinding yang membatasi teras untuk ditanami tanaman rambat dan tanaman pagar. Perlu kamu ketahui, tam tropis yang di desain seperti ini justru tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

5. Taman Tropis Minimalis di Innercourt

Seringkali ruang terbuka hijau di dalam rumah tidak bisa di hadirkan karena terbatasnya lahan dan tingginya kebutuhan ruangan yang lain. Padahal, ruang terbuka memiliki fungsi yang cukup penting untuk membantu bangunan bernafas lebih lancar. Jika kamu tidak memiliki ruang terbuka, kamu bisa menghadirkan taman tropis dalam bentuk inner court. Kamu bisa memilih desain taman tropis minimalis jika khawatir bagian dalam rumah akan terasa penuh dengan kehadiran taman tropis.

6. Taman Tropis Nuansa Pedesaan

Untuk kamu yang tidak memiliki halaman rumah yang cukup luas, kamu bisa meniru desain seperti inspirasi ini. Gunakan jenis rumput yang tidak cepat tumbuh seperti rumput kucai, sehingga kamu tidak perlu repot-repot memangkasnya secara rutin. Dengan membuat taman tropis di belakang rumah, kesejukan udara pedesaan bisa dirasakan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *