5 Tips Sukses Membangun Bisnis Dengan Teman

Diposting pada

Banyak orang yang tidak ingin memulai atau membangun sebuah bisnis dengan teman, alasannya karena mereka takut akan menimbulkan konflik yang bisa merusak hubungan pertemanan mereka. Namun, pada kenyataannya membangun sebuah bisnis denga teman itu bisa lebih mudah, di banding dengan membangun bisnis sendir atau dengan orang baru.Kenapa bisa demikian? Karena kamu sudah tahu karakter dari temanmu yang akan menjadi rekan kerja tersebut. Tetapi, semua itu juga tergantung dengan cara kamu dan temanmu dalam memulai sebuah bisnis.

Baik pertemanan atau bisnis, semua itu tetap memiliki koridor dan aturan masing-masing. Kamu harus menjalankan kedua hal tersebut sesuai dengan koridor masing-masing, dan jangan lupa kamu sudah memastikan kamu dan temanmu bisa saling menguntungkan. Supaya kamu tidak menjalankan bisnis dengan teman dan supaya bisa menjalankan bisnis yang sukses dengan teman, berikut tips memulai bisnis dengan teman.

1. Bangun Chemistry

Kamu dan temanmu pasti sudah memiliki chemistry, karena sudah menjalin hubungan pertemanan sejak lama. Inilah salah satu ke untungan memulai bisnis dengan teman, sehingga kamu tidak perlu susah payah membangun chemistry dari awal dengan orang lain. Kamu dan temanmu sudah saling mengenal dan mengerti satu sama lain. Namun, kamu dan temanmu harus tetap memperdalam chemistry tersebut. Karena bagaimanapun, kalian akan sama-sama berjuang menghadapi segala rintangan dalam bisnis.

2. Satukan Visi dan Misi Dalam Bisnis

Beberapa orang mungkin sering menyepelekan visi dan misi dalam memulai bisnis. Padahal, bisnis yang di bangun bersama itu memerlukan visi dan misi untuk menyelaraskan langkah. Jadi, saat kamu mau memulai bisnis dengan teman, kamu harus menyatukan visi dan misi terlebih dahulu. Agar, kamu dan temanmu bisa lebih kompak dalam membangun bisnis bersama. Selain itu, visi dan misi juga akan membantu kamu dan temanmu dalam pengambilan keputusan. Jadi, pastikan kamu dan temanmu sudah berada dalam visi dan misi yang sama.

3. Bangun Sebuah Komitmen

Komitmen bisa di bangun jika kamu sudah menentukan bisnis apa yang ingin kalian jalankan. Jika belum, alangkah baiknya kalian memilih bisnis yang sesuai atau minimal tidak jauh dari skill yang kalian miliki. Setelah itu, kalian bisa membangun komitmen bersama terkait bisnis yang ingin kalian jalankan. Tetapi, jika kamu dan temanmu sudah membangun komitmen, jangan terlalu memaksakan kehendak diri. Jangan terlalu antusias memperjuangkan komitmen, lebih baik berjalan beriringan dan saling memberi semangat dalam memperjuangkan komitmen bersama.

4. Buat Kesepakatan

Membuat kesepakan sebelum memulai bisnis itu sangat penting dalam membangun bisnis bersama teman. Yang di maksud kesepakatan adalah tentang tugas masing-masing, modal, pembagian penghasilan, dan seluruh aspek terkait dengan bisnis tersebut. Dengan demikian, kamu dan temanmu bisa terhindar dari masalah-masalah yang bisa terjadi di masa mendatang. Melakukan hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan nantinya dalam bisnis.

5. Tanggung Resiko Bersama

Kamu dan temanmu harus menangung resika yang akan terjadi nantinya. Oleh sebab itu, kalian harus menyiapkan diri dengan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi nantinya. Apabila bisnis mengalami kerugian, maka kalian harus menanggung bersama-sama. Seorang teman yang baik tentu tidak akan meninggalkan kamu ketika bisnis mengalami kerugian. Jika kamu bekerjasama dengan orang lain, kemungkinan besar kamu akan di tinggalkan saat bisnis mengalami kerugian.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *