5 Tips Mudah Mencegah Datangnya Penyakit yang Perlu Anda Ketahui 5
5 Tips Mudah Mencegah Datangnya Penyakit yang Perlu Anda Ketahui 5

5 Tips Mudah Mencegah Datangnya Penyakit yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada

Terkadang anda tidak menyadari bahwa hanya dengan melakukan hal kecil tanpa perlu banyak waktu dan tenaga, anda sudah bisa dengan sendirinya membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa harus dipaksa. Hal yang paling penting adalah kreativitas dan kemauan untuk melakukannya.

Sebab dengan memiliki kesehatan, anda bisa bebas melakukan apapun yang anda suka. Bukan hanya untuk menjaga kondisi tubuh saat ini, namun juga untuk mempersiapkan kesehatan yang baik di masa depan. Meskipun tubuh saat ini terlihat bugar, tetapi itu janganlah anda jadikan sebuah alesan untuk tidak memerhatikan kesehatan. Alangkah baiknya anda mencegah dari pada mengobati, coba perhatikan 5 hal sederhana yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan.

1. Gunakan Air Yang Bersih

Air bersih pada umumnya digunakan untuk minum, mandi, mencuci pakaian dan masih banyak lagi kegunaanya. Manfaat menggunakan air bersih adalah seseorang akan terhindar dari gangguan penyakit seperti diare, kolera, disentri, thypus, kecacingan, penyakit mata, penyakit kulit atau keracunan. Dan setiap anggota keluarga terpeliharan kebersihan dirinya.

2. Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, ada banyak penyakit yang yang dapat ditularkan melalui tangan yang kotor seperti flu, diare, dan mata merah. Penyakit tidak hanya masuk melalui tangan saja, tapi juga dapat masuk melalui kulit kaki, jadi ada baiknya selalu menggunakan alas kaki sewaktu berada di toilet.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir dapat meluruhkan kuman di tangan dan jangan lupa untuk membersihkan setiap celah kuku anda!

3. Mencuci Wajah

Membiasakan diri untuk mencuci wajah dapat menghindari anda dari infeksi mata dan kebutaan. Apakah itu benar? Ya, wajah yang kotor akan mengundang datang kuman, bakteri, dan juga lalat untuk bersarang di wajah anda. Mata yang sehat biasanya akan terlihat mengilap dan basah.

Namun jika mata memerah, tampak kering tapi disertai dengan keluarnya cairan bisa jadi mata anda terkena penyakit. Dan untuk menanganinya, sebaiknya segera anda bawa ke rumah sakit atau dokter kepercayaan anda.

4. Makanan Sehat

Makan makananan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja keuntungannya, makanan sehat juga membawa dampak baik bagi mood anda sehari-hari. Anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda masak sudah benar-benar matang, apabila masakan sudah matang dan sudah di sajikan maka segeralah mungkin memakannya sebelum terkontaminasi. Jika anda berencana untuk memakannya di lain waktu, simpanlah pada suhu yang panas atau dingin. dan jangan lupa untuk menghangatkannya kembali jika hendak di makan.

5. Buang Sampah

Ada baiknya anda segera membuang sampah yang sudah menumpuk di rumah, jangan biarkan sampah rumah tangga menginap hingga esok hari. Jika anda biarkan terus menerus, hal ini akan mengundang tikus atau kecoak yang dapat menyebarkan penyakit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *