Wajib Tahu 5 Hal Inilah yang Menyebabkan Jerawat Di Wajah Menjadi Gatal
Wajib Tahu 5 Hal Inilah yang Menyebabkan Jerawat Di Wajah Menjadi Gatal

5 Penyebab Jerawat Di Wajah Menjadi Gatal

Diposting pada

Jerawat yang terasa sakit mungkin sudah biasa dialami setiap orang, tapi jerawat yang rasanya gatal justru lebih sering dianggap mengganggu karena membuat geregetan untuk menyentuh bahkan menggaruk. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat terasa gatal. Namun, salah satu penyebab yang paling umum adalah keringnya sel kulit akibat pori-pori yang tersumbat dan menyempit. Selain itu, ada beberapa penyebab jerawat gatal lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Kulit Terlalu Kering

Rasa gatal pada jerawat bisa di sebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering. Kulit yang kering bisa disebabkan obat jerawat yang kita gunakan secara topikal ke kulit. Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan face wash yang mild dan jangan lupa untuk tetap menggunakan moisturizer di malam dan pagi hari.

Alergi

Salah satu penyebab jerawat terasa gatal adalah alergi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami alergi terhadap obat jerawat. Bagi orang dengan jenis kulit tertentu, penggunaan obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal yang terasa di kulit dan jerawat. Meskipun tidak membahayakan, tetapi sebaiknya kamu berhenti menggunakan obat jerawat jika sudah mengalami tanda-tanda alergi.

Terpapar Sinar Matahari

Salah satu penyebab jerawat gatal adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. Kulit yang gatal akibat terpapar sinar matahari biasanya terjadi karena adanya perubahan pada kulit saat terkena sinar matahari secara langsung. Reaksi ini bisa muncul karena sistem imun yang salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari.

Tanda Jerawat Mau Sembuh

Jerawat yang mau sembuh di tandai dengan sering munculnya rasa gatal pada jerawat. Proses penyembuhan pada jerawat akan melibatkan eksfoliasi secara alami untuk membuka lapisan kulit yang baru. Nah, proses eksfoliasi inilah yang menimbulkan sensasi gatal pada jerawat.

Kulit Berkeringat

Saat kulit berkeringat, beberapa orang mungkin pernah mengalami jerawat gatal. Kondisi ini juga bisa terjadi pada saat kamu berkeringat,  tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak. Akibatnya, pori-pori kulit dapat tersumbat sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori. Setelah itu, bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan yang menimbulkan rasa gatal pada kulit kamu.

Penyebab jerawat gatal merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa menimbulkan kondisi ini. Perlu diingat, jika kamu merasa gatal pada jerawat, usahakan untuk tidak menggaruknya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *