5 Nutrisi Penting yang Harus Di Penuhi Oleh Ibu Menyusui 5
5 Nutrisi Penting yang Harus Di Penuhi Oleh Ibu Menyusui 5

5 Nutrisi Penting yang Harus Di Penuhi Oleh Ibu Menyusui

Diposting pada

Setelah melahirkan, ibu menyusui masih memerlukan nutrisi harian yang cukup supaya dapat menghasilkan asi yang berkualitas untuk si bayi. Karena, setiap apa yang ibu konsumsi akan sampai ke tubuh bayi lewat asi. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi supaya asupan nutrisi bisa terpenuhi serta dapat meningkatkan kualitas asi.

Dengan memenuhi asupan nutrisi saat menyusui, bayi dapat tumbuh kembang dengan optimal. Lalu apa saja nutrisi penting yang harus dikonsumsi ibu menyusui? Berikut ini merupakan nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui.

1. Kalsium

Ibu yang sedang menyusui perlu mendapatkan banyak kalsium setiap hari. Karena, kalsium bisa membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, dan memainkan peran penting dalam fungsi kesehatan sistem peredaran darah, otot, dan saraf. Selain itu, kalsium juga menjadi faktor utama yang bisa melancarkan asi.

2. Zat Besi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi setiap hari saat hamil atau menyusui bisa membantu mencegah anemia. Zat besi yang cukup dapat memberikan energi tambahan, sehingga bisa membuat ibu menyusui tidak mudah lelah. Kamu bisa mencukupi kebutuhan zat besi dari konsumsi daging, ayam, ikan dan seafood, kuning telur, dan sayuran hijau.

3. Vitamin B2 dan B12

Sangat penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi beragam vitamin agar nutrisi ASI bisa terpenuhi dengan cukup. Terutama yang di butuhkan ibu menyusui adalah vitamin B2 dan B12, kedua vitamin ini dapat membantu melancarkan produksi asi.

4. Kolin

Ibu menyusui sangat memerlukan kolin untuk membantu perkembangan otak si bayi. Tetapi, kolin tidak ada di setiap makanan. Kamu bisa mendapatkan kolin dari beberapa makanan seperti, ayam, hati, sapi, gandum, kembang kol, dan kuning telur. Dengan mngonsumsi 2 butir terlu, kamu sudah bisa mendapatkan 250 mg kolin.

5. Protein

Protein merupakan zat gizi yang sangat penting dalam membangun dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Protein juga menjadi peran pertumbuhan dan perkembangan di awal masa kehidupan si bayi. Untuk kamu yang baru melahirkan, protein sangat butuhkan untuk membantu pemulihan. Kamu dapat memperoleh protein dari daging, ikan dan seafood, telur, keju, susu, dan masih banyak lainnya.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi, seimbang, dan alami. Jika kamu megalami sakit atau mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, segera periksakan ke dokter.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *