5 Kesalahan Utama yang Patut Anda Hindari Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda
5 Kesalahan Utama yang Patut Anda Hindari Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda

5 Kesalahan Utama yang Patut Anda Hindari Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda

Diposting pada

Semua orang pasti pernah bertanya-tanya tentang gigi yang berlubang, padahal sudah rutin menggosok gigi hingga 2 – 3 kali sehari, tapi gigi masih saja berlubang. Lalu apa yang menyebabkan gigi tetap berlubang walau sudah berusaha merawatnya. Adakah kesalahan yang mungkin tanpa sadar sudah dilakukan dan menyebabkan masalah kesehatan gigi?

Anda pasti pernah melakukan kebiasan yang anda pikir bukan masalah, tapi ternyata bisa merusak kesehatan gigi. Terkadang seseorang tidak menyadari bahaya yang mengancam gigi selama menjalankan kebiasaan tersebut. Berikut 10 kesalahan utama yang patut anda hindari untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Terlalu Sering Menggosok Gigi

Dalam merawat gigi bagian yang paling penting adalah menggosok gigi. Menggosok gigi dengan bersih secara rutin 2 – 3 kali sehari memiliki risiko kerusakan yang lebih rendah pada gigi. Jika anda tidak ingin terjadi masalah pada gigi, maka jangn terlalu sering menggosok gigi.

Karena dengan terlalu sering menggosok gigi justru akan menghancurkan email atau lapisan pelindung utama gigi. Ketika email terkelupas, maka gigi menjadi 3 kali lebih rapuh, mudah patah dan mudah pula digerogoti oleh serangan bakteri.

Kawat Gigi

Tujuan menggunakan kawat gigi pastinya untuk mendorong gigi masuk dalam garis sempurnanya. Tapi, anda juga harus memperhatikan dampak jangka panjangnya. Semakin lama anda menggunakan kawat gigi, anda akan mengalami sejumlah yang berhubungan dengan kawat gigi seperti sariawan dan masalah lainnya.

Pemutih Gigi

Kebanyakan orang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak demi menjalankan perawatan gigi putih. Tapi, kebanyakan orang tidak menyadari kalau hal ini bisa menyebabkan masalah pada gigi seperti mengikisnya email dan meyebabkan gigi rapuh. Alangkah baiknya memutihkan gigi dengan cara yang sewajarnya saja agar gigi anda tetap sehat.

Tusuk Gigi

Sebagian besar masyarakat di Indonesia selalu menggunakan tusuk gigi untuk menghilangka makanan yang terselip pada celah gigi, namun hal ini bukan kebiasan yang sehat untuk di lakukan. Pasalnya, sifat kayu yang rapuh dan mudah patah akan memberi risiko tertinggalnya pecahan kayu pada gusi dan gigi. Selain itu, bakteri dan jamur lebih mudah hidup pada media kayu.

Obat Kumur

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan mulut dari kotoran atau sisa makanan. Mengingat ada banyak jenis kotoran yang ada di mulut anda. Sebenarnya abat kumur tertentu hanya berfungsi menghilangkan bau mulut dan memberikan sensasi menyenangkan dalam mulut.

Namun, anda juga perlu memperhatikan obat kumur yang menggunakan bahan seperti agen antimikroba dan fluoride. Karena, bahan ini sebenarnya dapat mengurangi radang gusi, gigi berlubang, plak, dan bau mulut.

Jika anda sudah terbiasa melakukan salah satu atau beberapa kebiasaan diatas, kami sangat menyarankan agar segera berhenti mulai sekarang. Sadarilah bahwa apa yang mungkin orang bilang itu adalah kebiasaan sehat, justru sebenarnya berpengaruh buruk bagi kesehatan gigi.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *