5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Kambuhnya Asam Urat Serta Cara Mengatasinya
5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Kambuhnya Asam Urat Serta Cara Mengatasinya

5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Kambuhnya Asam Urat Serta Cara Mengatasinya

Diposting pada

Jika penyakit asam urat anda sudah sangat parah maka hal ini akan menyebabkan asam urat sering kambuh, bahkan frekuensinya juga terhitung rutin. Penyakit ini menyerang tidak mengenal waktu dan lebih sering pada malam hari. Selain merasakan rasa yang sangat sakit, penyakit ini pastinya juga sengat menggangu aktivitas anda. Bahkan asam urat juga dapat menimbulkan risiko penyakit menyeramkan lainnya seperti kardiovaskuler dan hipertensi.

Namun, anda bisa menghindari beberapa hal yang bisa menyebabkan kambuhnya asam urat. Ada beberapa penyebab asam urat sering kambuh yang bisa anda hindari. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kambuhnya asam urat dan cara mengatasinya.

1. Makanan Tinggi Purin

Salah satu penyebab asam urat adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Pasalnya mengkonsumsi makanan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi juga. Makanan yang dimaksud adalah kepiting, kerang udang, dan cumi, daging merah, jeroan, hati ampela,ikan bercangkang, makanan olahan dan tahu tempe. Tidak hanya makanan saja, sayuran yang memiliki purin tinggi seperti kangkung, bayam, dan jamur.

2. Minuman Tinggi Purin

Anda juga harus memperhatikan minuman yang bisa memicu kambuhnya asam urat. Karena jika anda sering meminum minuman manis, bersoda mengandung gula tambahan juga bisa menambah kadar purin lebih banyak. Selain itu jika kadar purin semakin banyak maka akan mengakibatkan masalah pada ginjal.

3. Berat Badan Berlebihan

Kandungan lemak yang berada pada makanan-makanan pemicu asam urat dan kolesterol dapat menjadikan anda kelebihan berat badan. Masalahnya ketika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh akan memproduksi banyak insulin. Sehingga bisa mengganggu kinerja ginjal dalam membuang asam urat.

4. Tidak Pernah Olahraga

Ketika kondisi ini jika dibiarkan maka anda akan semakin sering merasakan sakit. Hal ini karena sendi yang tidak digerakkan akan menjadi kaku dan ototpun akan menjadi lemah. Untuk anda yang menderita asam urat disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Dengan cara ini anda bisa menguatkan otot dan tulang serta meningkatkan pergerakan sendi.

5. Sepatu Tidak Nyaman

Keadaan ini juga bisa memicu kambuhnya asam urat karena kamu salah memakai sepatu. Misalnya, anda memakai sepatu yang ukurannya terlalu kecil sehingga dapat mengganggu dan memicu kerusakan persendian jari. Nah Inilah yang menyebabkan asam urat mengisi kerusakan pada sendi-sendi itu. Pastikan selalu memakai sepatu yang pas dan nyaman.

Cara Mengatasinya

Tidak perlu memakai obat-obatan untuk mengatasi kambuhnya asam urat, anda cukup melakukan beberapa cara ini di rumah secara rutin.Anda bisa meredakan dan menurunkan kandungan purin dengan bahan alami. Tentunya cara ini lebih aman dan tanpa efek samping. Caranya bisa dengan dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan dan minuman.

Kompres Menggunakan Air Dingin ( ES )

Saat asam urat kambuh anda dapat beristirahat dan menghentikan aktivitas sehari-hari. Jika sendi tidak nyaman dan tidak kunjung reda anda boleh mengompresnya dangan air es. Anda bisa membungkus es batu dengan kain, lalu letakkan pada sendi yang terasa sakit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *