5 Cara Simple Melakukan Analisis Pasar, Wajib Kamu Coba

Diposting pada

Dalam perencanaan pemasaran sebuah produk bisnis, analisis pasar menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk dilakukan. Karena analisir pasar di anggap bisa meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan pada bisnis atau perusahaan yang dijalankan. Selain itu, melakukan analisis pasar perlu juga bisa membantu si penglola bisnis untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan.

Perusahaan bisa dikatakan berhasil ketika sudah mampu melaksanakan analisis pasar dalam mamajukan usaha tersebut. Hasil dari analisis pasar bisa dimanfaatkan untuk mengetahui potensi berapa lama bisnis bisa bertahan. Berikut ini ada enam cara simple melakukan analisis pasar.

1. Tenentukan Market Relevan

Hal pertama yang harus di lakukan dalam melakukan analisis pasar adalah menentukan pasar relevan. Kamu harus bisa menetapkan atau mendefinisikan pasarnya terlebih dahulu. Agar kamu bisa mendefinisikan sebuah pasar, kamu harus mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan produk yang dijual untuk memuaskan kebutuhan tersebut.

Metode yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasikan, mengelompokkan alternatif bentuk produk dan kelas produk adalah analisis struktur pasar. Analisis struktur pasar merupakan sebuah alat riset pemasaran yang bisa digunakan untuk menentukan tingkat substitusi produk.

2. Tentukan Target Konsumen

Meskipun semua orang tidak bisa menjadi pelangganmu, namun kamu masih bisa mendapatkan pelanggan setia apabila kamu bisa fokus pada satu target pasar. Ketika kamu ingin memulai analisis pasar, sebaiknya kamu mencari tahu atau memikirkan siapa yang akan menjadi pelanggan.

Setelah kamu sudah mengetahuinya, langkah selanjutnya adalah mencaritahu mengenai kebutuhan, ketertarikan, dan lokasi mereka. Kategorikan target pelanggan kamu dalam beberapa kelompok, supaya data yang ada bisa lebih mudah dipahami.

3. Tetapkan Segmen Pasar

Pada tahap ini, pihak manajemen harus paham mengenai beragam cara untuk mengelompokkan berbagai konsumen kedalam segmen yang anggotanya memiliki respons sama terhadap program pemasaran. Dalam menetapkan segmentasi pasar, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu ketahui, yaitu;

  • Segmentasi pasar harus mudah dijangkau
  • Segmentasi pasar harus mudah diukur
  • Segmentasi pasar harus sesuai dengan kelayakan pemasaran

4. Menilai Persaingan

Dalam langkah ini, kamu harus bisa menilai produk atau merek dibandingkan dengan tawaran dari para pesaing. Ada salah satu cara efektif yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi penting tentang pesaing. Cara efektif yang di maksut adalah competitive intelligence.

5. Mengidentifikasi Pasar Target

Mengidentifikasi pasar target merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan dalam melakukan analisis pasar. Identifikasi pasar target bertujuan untuk mengidentifikasi peluang terbaik yang bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *