4 Alasan Akuntansi Dapat Meningkatkan Nilai Bisnis

Diposting pada

Untuk membuat pencatatan keuangan dan pajak dapat lebih mudah dikelola dan dilaporkan, setiap perusahaan pasti membutuhkan akuntansi akurat, dalam hal ini pasti kamu sudah tahu. Namun, apakah kamu sudah tahu kalau akuntansi akurat juga dapat meningkatkan nilai bagi klienmu? Persis dengan yang namanya diet sehat yang dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik dari luar.

Bisnis kamu bisa terlihat lebih baik bagi orang luar dengan adanya prosedur back office yang sehat. Buat kamu yang masih menunda-nunda untuk pindah ke sistem cloud accounting, kali ini kami akan membagikan beberapa alasan mengenai akuntansi yang dapat membantu meningkatkan nilai bisnismu.

1. Pemasaran yang Tepat

Memiliki akuntansi yang akurat dan terkini bisa membantu kamu dalam membuat prakiraan pendapatan perusahaan. Prakiraan pendapatan bisa kamu gunakan untuk membantu memahami apakah upaya pemasaran saat ini berhasil atau malah meleset dari target.

Selain itu, perkiraan pendapatan juga bisa kamu gunakan untuk penganggaran dan perencanaan di masa mendatang. Pada fase awal bisnis, mungkin biaya pemasaran memiliki kecenderungan untuk keluar dari kendali. Kamu akan merasa kesulitan mengelola bisnis bila tidak memiliki informasi yang tepat waktu.

Tanpa informasi yang tepat waktu kamu tidak akan tahu jika kamu mampu meluncurkan promosi baru, tidak tahu waktu yang tepat untuk meluncurkan produk baru, tidak tahu apakah promosi mengarah pada hasil yang diinginkan, dan tidak tahu harga dan promosi bisa berpengaruh terhadap penjualan. Kamu tidak akan mengetahui semua hal-hal tersebut jika tidak memiliki data keuangan yang baik dan itulah kegunaan perhitungan akutansi yang akurat.

2. Menjaga Kestabilan Keuangan

Ketika kamu membuat dan mengendalikan anggaran perusahaan, akuntansi bisa membantu kamu. Selain itu, akuntansi yang akurat juga bisa membantu kamu dalam mencari tahu kapan dan bagaimana uang datang dan pergi dalam arus kas bisnis. Perlu kamu ketahui, akuntansi yang terkini dan akurat juga bisa membantu kamu dalam merencanakan cadangan kas yang cukup ketika bisnis menghadapi krisis. Jadi pertahankan informasi akuntansi yang akurat, mengendalikan anggaran dengan baik, dan jaga supaya pengalaman pelanggan bisa tetap stabil.

3. Mengendalikan Biaya

Beberapa orang mungkin berpikir tentang laba ketika sdang berbicara tentang mengendalikan biaya. Walupun itu juga sangat penting, tetapi tidak hanya hal itu saja kalau kamu ingin memiliki organisasi yang lebih efektif. Perlu kamu ketahui, akuntansi merupakan fungsi back-office yang sangat penting dan harus di miliki oleh setiap perusahaan.

Catatan akuntansi perusahaan berisi data yang berfungsi membantu kamu dalam mengambil keputusan yang tepat, mulai dari meningkatkan operasi, menanggapi kebutuhan pelanggan dan mengukur hasil yang telah dan akan dilakukan pada bisnis.

4. Menjaga Keamanan

Setiap pebisnis yang menyimpan semua catatan akuntansi dan catatan klien dalam laptop pasti akan berisiko besar kehilangan data keuangan yang di milikinya. Penyebabnya sangat sederhana, seperti klik situs web dari virus yang mematikan, USB yang terinfeksi atau bisa karena lampiran email. Data keuangan bisnis bisa terhapus dengan cepat jika komputer sedang dibajak atau rusak.

Kalau kamu menyimpan data perusahaan di dalam aplikasi akuntansi seperti Accurate Online, lalu bagaimana sistem lokal kamu  dan apakah tidak akan berpengaruh terhadap data yang tersimpan pada akun kamu. Kamu cukup menggunakan komputer atau laptop lain untuk mengakses aplikasi akuntansi jika komputer kamu dicuri, terinfeksi oleh virus, atau ditabrak bus. Dengan kata lain, kamu akan selalu ada di setiap klien membutuhkanmu.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *