10 Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan Anak Untuk Kesehatan Dan Tumbuh Kembangnya
10 Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan Anak Untuk Kesehatan Dan Tumbuh Kembangnya

10 Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan Anak Untuk Kesehatan Dan Tumbuh Kembangnya

Diposting pada

Di balik anak yang sehat dan pintar, ada asupan makanan dan nutrisi yang cukup pada anak. Pemenuhan nutrisi sangat baik untuk pertumbuhan fisiknya serta perkembangan otaknya. Makan tiga kali sehari tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang pada anak. Siapa tahu makanan yang makannya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembangnya.

Anda harus bisa memerhatikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak, salah satunya dengan cara menyediakan makanan yang sehat tentunya. Namun sebelum memberikan asupan sehat, ada baiknya anda simak ulasan tentang 8 nutrisi penting untuk anak berikut ini.

1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak lewat asupan seperti bayam, brokoli, tahu, kacang merah, ikan salmon, susu, susu kedelai dan masih banyak lainnya.

2. Asam Lemak Esensial

Memberikan asam lemak dapat membantu membangun sel tubuh anak. Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi. Selain itu, si kecil yang banyak makan makanan seperti telur juga akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Otak dan penglihatan yang sehat juga didapatkan dari asam lemak.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang pada anak. Zat besi berperan memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kekurangan zat besi pada anak dapat terjadi pada beberapa tingkatan mulai dari kekurangan cadangan zat besi hingga menyebabkan anemia. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak lewat asupan seperti daging, bayam, tomat, kentang, kacang merah, dan lain sebagainya

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Manfaat magnesium untuk kesehatan yaitu menjaga tulang, membuat detak jantung stabil, kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak lewat asupan seperti buah-buahan, tahu, ikan dan sayuran.

5. Kalium

Kalium adalah zat gizi yang bertugas untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Hal ini akan menjaga tekananan darah sehingga kinerja jantung si kecil terus berjalan normal dan dapat membuatnya tetap aktif saat berkegiatan. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak lewat asupan seperti pisang, tomat, dan susu.

6. Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Vitamin A juga berfungsi untuk melindungi tubuh anak dari infeksi. Anda bisa menyediakan vitamin A pada anak lewat sumber makanan seperti daging sapi, hati ayam, susu dan buah-buahan.

7. Zinc

Zinc adalah nutrisi paling penting yang di butuhkan pada tubuh anak. Zinc banyak ditemukan di bagian otak dan berperan penting untuk kepintaran anak. Zinc bisa anda didapatkan dengan menyedikan makanan seperti ayam, daging sapi, gandum, susu, tahu, dan kacang-kacangan.

8. Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh sesl-sel tubuh. Karena itu, protein merupakan komponen penting yang akan membantu anak tumbuh aktif. Sumber protein terbaik untuk anak seperti kacang-kacangan, daging sapi, daging unggas, kuning telur, dan susu.

Batasilah camilan-camilan tidak sehat seperti permen dan makanan manis yang berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Juga hindari makanan cepat saji yang cenderung banyak garam dan lemak, tetapi rendah vitamin dan mineral.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *