Tutorial Tips Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

4 min


Ketika kita sedang di luar dan kita menghirup udara kotor, salaput yang melapisi salurang hidung akan meradang, pada saat itulah selaput lendir memproduksi lendir sebanyak banyaknya untuk mengusir segala sesuatu yang menggangu. pristiwa pemproduksi lendir dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan hidung jadi tersumbat.

Jenis- jenis hidung tersumbat itu banyak sekali jenisnya, seperti batu pilek, flu alergi dan lain sebagainya. lantas apa saja sih yang menjadi penyebab hidung banyak memproduksi lendir. berikut  ini merupakan pemicu hidung kita menjadi tersumbat.

1.Flu ( Influenza)

Flu atau influenza ini adalah penyakit yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. penyakit ini terjadi karena virus menyerang pada sistem pernapasan. hal ini yang sering kita sepelekan, memang flu dapat sembuh sendiri, tapi alangkah baiknya kita berusaha untuk menyembuhkanya.

Sinusitis akut biasanya berkembang biak karena pilek, sebenarnya kondisi ini dapat sembuh dalam jangka waktu sekitar 10 harian, tapi, pada saat sinusitis terjadi, maka terjadi peradangan yang bisa menyebabkan pemproduksi lendir dalam jumlah banyak. kondisi ini yang biasa menyebabkan hiduung menjadi tersumbat.

2.Batuk pilek

Batu pilek ini bisa tgerjadi karena sesuatu (kotoran) masuk melalui saluran pernafasan bagian atas, yang menyebabkan peradangan pada hidung sehingga produksi lendir juga banyak. prisytiwa inilah yang biasanya menyebabkan hidung menjadi tersumbat.

3.Alergi

Alergi adalah dimana kondisi penderita ketika makan sesuatu yang di larang, maka terdapat reaksi tersendiri di dalam tubuh penderita tersebut. pada ritinitis alergi ini terjadi peradangan pada sistem pernafasan. kondisi inilah yang menyebabkan produksi lendir bertamabah banyak.

 

Lantas jika melihat penyebab penyebab terjadinya hidung tersumbat, bagaimanakah cara yang baik, bagus dan benar untuk mengatasi hal tersebut ? Berikut ini adalah tips yang begitu ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat :

1. Minum banyak air

Solusi terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan komsumsi air dengan banyak. air hangat merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat. atau anda juga bisa membuat minuman yang hangat hangat seperti teh, wedang jahe, wedang jeruk dan lain sebagainya.

2.Matikan kipas angin dan AC

dalam kondisi ruangan yang terkena AC dan kipas angin, maka di dalam ruangan itu pasti sangat lembab. kelembaban ini bisa menyebabkan lendir yang terdapat di dalam hidung kita lebih encer. dalam kondisi seperti ini,  maka produksi lendir akan lebih banyak lagi.

Pernahkah anda jika sedang pilek terkena sinar matahari yang panas. maka lendir itu akan mengering bukan ? kondisi yang seperti ini dapat kita manfaatkan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. jika hidung anda tersumbat, maka carilah udara yang umumnya bersuhu agak panasan.

3.Kunyah bawang putih

Bawang putih ini memang sudah terkenal dengan sebutan si kecil bumbu dapur dengan seribu manfaat. banyak manfaat manfaat bawang putih ini, salah satunya ya ini, dapat kita manfaatkan untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

Lantas bagaimanakah cara pengomsumsianya ? Cukup mudah saja kawan, caranya dapat langsungf saja di kunyah. tapi terdengarnya menyeramkan bukan ? oke cara pengomsumsian yang menurut anda jika dikunyah menakkutkan anda dapat mengomsumsi bawang putih dengan cara di tumis, anda dapat menambah sayur sayuran untuk memantapkan rasanya.

4.Minyak kayu putih

Minyak kayu putih ini di percaya oleh alhi ahli dapat berfungsih ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. karena minyak kayu putih ini dapat membantu membunuh bakteri bakteri yang menjadi penyebab hidung menjadi tersumbat.

 

Itulah beberapa cara cara alternatif yang dapat anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat. sampai jumpa dan selamat mencoba.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *