Tips Cara Menghilangkan Kerak Pada Wajan

5 min


kerak pada wajan yang membandel

Halo temen-temen ikito yang berbahagia. apakah temen-temen disini ada yang habis nyuci  piring.adakah kerak hitam yang membandel diwajan maupun panci. mungkin kalian sangat jengkel ya.tidak perlu kuatir temen-temen karena kerak yang menempel dibelakang wajan tersebut dapat dibesihkan dengan gampang dan mudah.

Wajan kesayangan Mama karena terlalu sering dipakai kini berubah menghitam. Noda atau kerak hitam yang menempel pada panci disebut sebagai jelaga, Ma.

Jelaga muncul karena saat memasak, Mama menyalakan api terlalu besar atau menyalakannya dengan suhu api yang tidak sesuai, sehingga membuat wajan menjadi cepat gosong.

Eits! Siapa bilang membersihkan jelaga sesulit yang Mama lakukan. Mama hanya saja belum menemukan racikan yang pas untuk menghilangkan kerak hitam pekat di wajan.

Berikut racikan-racikan yang sakti untuk membersihkan kerak pada belakang wajan ya mams !

1.Menggunakan air panas dan sabun cuci piring

1.Menggunakan air panas dan sabun cuci piring

Inilah trik yang belum diketahui temen-temen,dengan modal air panas dan sabun cuci piring ternyata dapat membersihkan piring lho mams.

Merendam wajan gosong dengan air panas sesegera mungkin setelah Anda menggunakannya bisa jadi satu cara tercepat menghilangkan kerak hitam yang menempel di dasarnya. Jangan lupa untuk menambahkan sabun pencuci piring seperti Sunlight untuk membantu melembabkan kerak yang menempel pada wajan. Hal ini akan memudahkan kerak hitam terangkat ketika dibersihkan.  

2.Baking soda

2.Baking soda

Taburkan satu cangkir baking soda di dasar wajan yang hangus dan tambahkan air secukupnya. Masak dan didihkan selama 15 – 30 menit, ulangi jika perlu. Bagian wajan yang paling gosong biasanya akan ikut terkelupas dan larut dalam air. Metode ini rupanya lebih efisien dibandingkan dengan menggosok menggunakan sabun secara berulang-ulang hingga tangan pegal dan hayati lelah.

3.Minyak sayur

3.Minyak sayur

Selain untuk memasak, ternyata minyak sayur juga memiliki kegunaan lagi, yaitu untuk melunakkan kerak di permukaan wajan Anda. Jika Anda memilikiwajan berkerak, oleskan minyak sayur di permukaan wajan, kemudian diamkan hingga kerak melunak. Setelah itu Anda bisa membersihkannya seperti biasa menggunakan sabun cuci piring.

Inikah trik yang tidak diketahuii bunda tentang manfaatnya minyak sayur.

4.Menggunakan cuka

4.Menggunakan cuka

Cuka memang solusi yang tepat untuk membersihkan kerak membandel yang menempel pada pantat wajan anda. mungkin menggunakan cuka ini sudah dikenal oleh temen-temen untuk membersihkan wajan yang berkerak.

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang terbukti ampuh untuk mengangkat kerak hitam di dasar panci Anda. Cara membersihkan wajan menggunakan cuka pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram cuka ke dasar wajan yang gosong, kemudian mendiamkannya selama beberapa menit. Asam asetat akan mulai bekerja dan memudahkan Anda menggosok dasar wajan Anda setelahnya. Cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasa hingga bersih. 

5.Menggunakan saus Tomat

5.Menggunakan saus Tomat

Siapakah jodohnya saus tomat? Kalau ditanya seperti itu pasti jawabannya adalah kentang goreng, sosis, ataupun pizza. Saus tomat yang memiliki rasa manis dan gurih ini ternyata punya super power tersendiri yang bisa dipakai untuk membersihkan lapisan hitam dari wajan yang gosong!

Mungkin kalian tidak percaya dengan penggunaan saus tomat ini, Meski tidak lazim, ini adalah metode pembersihan yang efektif karena sifat kimia dari bahan-bahan dalam saus tomat. Asam asetat dalam saus tomat mampu mengikis kerak gosong pada wajan. Caranya adalah dengan menuangkan saus tomat ke permukaan wajan yang ingin kamu bersihkan dan diamkan selama setidaknya 30 menit. Kemudian gosok dengan sikat dan wajan akan terlihat lebih bersih. 

6.Menggunakan Abu Gosok

6.Menggunakan Abu Gosok

Cara membersihkan wajan menggunakan abu gosok merupakan cara paling tradisional yang bisa dilakukan. cara ini mungkin sudah sering digunakan oleh ibu-ibu yang ada di pedesaan.karena dia memanfaatkan abu yang terbakar sampai halus.

Ingat ketika dulu memasak menggunakan kayu bakar? Nah, jangan sia-siakan abu kayu bakar itu begitu saja. Kumpulkan, kemudian campur dengan air hingga membentuk sebuah adonan. Gosok-gosokkan ke permukaan wajan yang berkerak hitam, kemudian bilas dengan bersih. Ulangi beberapa kali jika diperlukan. Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan mencari kayu bakar kemudian dicari abunya, belilah abu gosok di pasar tradisional. 

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *