Ternyata Beginilah Sistem Ekskresi Pada Manusia Yang Benar

4 min


Sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi. zat zat sisa ini berupa senyawa senyawa yang telah digunakan oleh tubuh, sehingga sistem ekskresi ini bisa di simpulkan sebagai pengeluaran zat sisa pada tubuh.

Ternyata banyak sekali lho, organ organ yang berperan langsung pada sistem ekskresi ini, seperti paru- paru, kulit,ginjal dan hati.

 

Mau tahu kegunaan dari 4 organ organ sistem ekskresi tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini :

1. Kulit

Mungkin anda sudah tahu bahwa organ yang satu ini merupakann organ ekskresi. yap, kulit merupakan salah satu organ ekskresi yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat pada tubuh kita.

Kulit ini merupakan bagian terluar tubuh kita, kulit ini juga bisa di katakan sebagai pelindung, setiap kena sinar matahari, bagian bagian dalam tubuh yang penting, akan di lindungi oleh kulit tentunya.

Selain untuk mengeluarkan keringat, kulit juga memiliki sejumlah fungsi fungsi lain, seperti pelindung tubuh, mengatur suhu tubuh, tempat pembuatan vitamin D, dan pro Vitamin D, dengan bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet.

  Terdapat 3 bagian kulit yang terpenting, yang perlu kita ketahui, yaitu:

  • Epidermis, tentunya teman teman sudah mengerti donk, apa epidermis itu, epidermis merupakan salah satu bagian terluar dari kulit kita. epidermis ini, juga berfunsi untuk melindungi organ dan sel sel yang penting, karena letaknya paling luar sekali.
  • Dermis, apakah anda sudah mengerti apa dermis itu, yap dermis adalah bagian yang terletak setelah epidermis. dermis merupakan salah satu bagian kulit yang paling tebal di bandingkan dengan epidermis dan jaringan ikat bawah kulit.
  • Jaringan ikatt bawah kulit, lapisan ini terletak di bawah dermis, jaringan ikat bawah kulit, memiliki pembatas antara epidermis dan dermis yaitu lemak. lemak berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bahaya benturan, sebagai tempat makanan cadangan dan lain sebagainya.
2.Paru paru

Siapa di sini yang ak kenal yang namanya paru- paru, paru paru merupakan salah satu organ ekskresi manusia yang berjumlah sepasang. letak paru- paru yaitu di bagian rongga dada kita.

Selain sebagai organ ekskresi, paru – paru juga memiliki segudang fungsi, di antaranya adalah organ pernafasan yang paling penting, sistem peredaran darah, dan lain sebagainya.

3.Ginjal

Ginjal merupakan organ ekskresi yang paling utama, yaitu berfungsi untuk mengeluarkan urin. ginjal terletak di bagian perut sebelah kiri. ginjal dalam proses metabolisme tubuh berfungsi sebagai penyaring zat zat sisa metabolisme dalam darah, mengatur keseimbangan kadar asam, basa dan garam. dan lain sebaginya.

dalam proses ekskresi ginjal memiliki 3 bagian penting yang perlu anda ketahui yaitu kulit ginjal, sumsum ginjal, dan rongga ginjal. ketiga bagian ini, sangat berperan penting sebagai pembuat sistem ekskresi urin.

4. Hati

Dan yang terakhir yang sudah biasa adalah hati. apa yang di keluarkan oleh hati ? hati berfungsi mengekskresikan getah empedu zat sisa dari proses perombakan sel darah merah yang telah rusak dan di hancurkan oleh limpa.

jadi hati ini merupakan organ penting dalam proses ekskresi, selain sebagai organ ekskresi hai juga berfungsi sebagai penawar racun, penyimpan glikoten, pembentukan sel darah merah pada janin.

 

Oke temen temen, itulah beberapa organ organ ekskresi pada manusia. organ ekskresi seperti di atas harus selalu kita jaga, supaya sistem ekskresi kita juga teratur. oke temen temen semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, dan sampai jumpa temen temen.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *