Susah Buang Air Besar ? Mungkin Anda Belum Melakukan Hal ini !

4 min


Susah buang air besar atau sembelit adalah suatu masalah yang mengarak ke sistem percernaan. sangat tidak nyaman sekali ketika kita sudah ngrasa mau BAB tapi tidak keluar keluar.

Persoalan ini sangat umum terjadi di kalangan masyarakat. apakah temen temen pernah ngrasain hal itu ? lantas apa sih penyebab temen temen susah buang air besar.  dan bagaimana sih cara mengatasinya ?

Sebenarnya banyak sekali penyebab penyebab kita susah buang air besar. tapi setelah saya riset dan teliti saya dapat merangkumnya sebagian besar penyebab susah buang air besar. berikut beberapa penyebab susah buang air besar :

  • Kurangnya mengomsumsi makanan yang berserat
  • Kurangnya beraktifitas, dan duduk dalam jangaka yang lama.
  • pikiran sedang stres atau bisa juga dengan perubahan lingkungan yang ada
  • beberapa obat- obatan yang diminum, juga bisa menjadi pemicu susahnya BAB
  • Sedang dalam keadaan hamil
  • Menunda buang air besar
  • kurangnya minum air putih

Itulah beberapa penyebab orang susah buang air besar, lantas bagaimana solusi yang efektif untuk mengatasinya ? tenang saja kawan saya juga telah merangkum cara cara jitu mengatasi susahnya buang air besar ! berikut beberapa cara – cara yang ampuh untuk mengatasi sembelit atau susahnya buang air besar :

1.Minumlah air putih lebih banyak

Biasanya jika orang susah buanga air besar, bisa di sebabkan oleh kurangya pasokan air dalam tubuh. maka dari itu berusahalah untuk minum air putih sebanyak banyaknya. tapi juga ingat, jangan terlalu sering minum cairan atau air yang berwarna, seperti pop ice, dan lain sebagainya. itu tidak baik. lebih baik minum air putih yang penting sehat ya.

2.Lebih banyak makan asupan serat

Ini juga merupakan cara yang terbukti ampuh ! perbanyak lah dalam mengomsumsi buah buahan atau sayur sayuran. buah- buahan yang baik untuk membantu proses metabolisme tubuh adalah buah pepaya dengan buah pisang.

Makan berbagai jenis sayur yang banyak mengandung serat. ini kelihatnya sepele, tapi hal ini akan menjadi kunci utama metabolisme pada tubuh. makan- makanlah secara seimbang, maksudnya 4 sehat 5 sempuran, itu baru yang namnya sempurna, di jamin proses metabolisme anda akan lancar.

3.perbanyak olahraga

Jika anda sulit untuk buang air besar, mungkin bisa di sebabkan karena kurangnya olahraga. ketika temen temen berolahraga maka fungsi kerja tubuh akan berjalan secara optimal, oleh karena itu orang yang banyak berolahraga mempunyai pencernaan yang optimal, tidak ada hambatan sama sekali.

Maka dari itu saya sarankan berusahalah untuk menyempatkan diri untuk berolahraga, dikit saja pagi dengan sore, sekalian anggaplah itu juga sebagai refreshing yang murah meriah.

4.Jangan sering tahan buang air besar

Mungkin anda sulit buang air besar, pasti sebelumya anda pernah nahan untuk BAB . jangan kawan, ini dapat menyebabkan kotoran yang tadinya bersifat bsah maka akan kering karena terlambatnya untuk keluar. jika kotoran sudah kering maka akan lumayan susah kan untuk ngeluarinya !

5.Minum minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal degan sebutan, minyak seribu manfaat. ternyata minyak zaitun iini juga dapat membantu proses metabolime kamu lho ! jika kamu sudah melakukan cara- cara di atas tapi tetap saja tidak ada perubahan, atau tidak berhasil cobalah untuk minum minyak ini. di jamin langsung plong !

 

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang paling efektif untuk mengatasi sulitnya buang air besar. jika anda mengalami cobalah cara saya ini. dan selamat mencoba kawan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *