Kenali Tentang Suhu Tubuh Dan Cara Mengukur Yang Benar

4 min


Suhu tubuh merupakan suatu hal yang harus kita pahamai . Kenapa ? karena kita harus menghetahui jika gejala gejala tersebut merupakan penyakit yang serius. untuk itu setelah kitamemahami tentang suhu tubuh maka kita akan memahami dan dapat mengantisipasinya.

Sebenarnya berapa sih suhu manusi normal ? baik saya akan menjelaskan semuanya tentang suhu manusia. suhu manusi normal sudah pasti harus berada pada suhu 37 derajat celcius. jika suhu kita di bawah 37 atau bahkan diatasnya maka kita tidak berada pada suhu manusia normal.

Suhu manusia bisa berubah ubah setiap harinya, seperti ketika sedang musim hujan, dan anda kedinginan, makasuhu tubuh anda berada pada suhu dibawah normal ya, atau pada saat anda bermain dan berolahraga saat musim panas maka suhu kita akan naik dan tidak berada pada suhu normal ya.

Untuk itu kita harus tau apakah berbahaya sih jika suhu kita dibawah normal atau di atas normal ? jika penasaran mari kita simak penjelasan yang  telah saya ringkas dan rangkum berikut ini :

Apakah Berbahaya Jika Suhu Tubuh Diatas Atau Dibawah Normal:

1.Suhu Tubuh Tinggi

Suhu Tubuh tinggi atau biasa di sebut dengan hipertermia. hipertemia ini biasanya suhu tubuh kita mencapai sampai 40 derajat celcius.Hipertemia ini timbul karena susahnya mengatur suhu tubuh, karena lingkungan yang terlalu panas.

Hipertemia ini kadang dapat kembali normal, setelah kita mengomsumsi obat penurun panas, seperti paracetamol atau aspirin. seorang bisa dikatan memiliki suhu tubuh tidak normal jika suhu tubuh mereka sekitar 37,5 derajat celcius, tetapi terkadang demam membuat suhu tubuh kita naik drastis, ya itu caranya, anda dapat menggunakan obat obatan seperti paracetamol ataupun aspirin.

Suhu tubuh yang panas yang berkelanjutan dapat membuat dehidrasi tubuh, sehingga pada saat yang sama, organ organ kita kekurangan  air seperi otak dan lain sebagainya. maka sedikit demi sedikit organ organ kita akan rusak.

Suhu tubuh orang dewasa di atas 40 dan suhu anak anak sekitar 38 keatas, hal itu perlu di lakukan tindakan khusus, yaitu perlu di periksa ke dokter spesialis.

2. Suhu tubuh rendah

Suhu tubuh rendah atau biasa dis sebut dengan hipotermia merupakan suhu suatu orang dengan kententuan di bawah 37 derajat celcius. Suhu tubuh yang rendah ini dapat mengakibatnya sistem kerja syaraf, hal ini dapat mengakibatkan gagal jantung, dan menyerang organ pernafasan.

Hipotermia dapat di akibatkan oleh adanya faktor lingkungan atau faktor fisik. jika fakor lingkungan biasanya orang yang hipotermia ini jika ada cuaca dingin atau musim hujan dia akan menggigil, dan juga menggrutu layaknya orang pinggiran.

Maka dari itu jika orang kedinginginan maka kondisi tubuhnya tidak nyaman, mengapa demikian ? karena suhu tubuh mereka di bawah normal sehingga fungsi fungsi kerja organ organ akan turun, jadi banyak orang yang kedinginan dia akan selalu berupaya untuk membuat tubuhnya hangat kembali. seperti duduk di depan api, cari selimut, dan lain sebagainya.

Sedangkan ada alat alat khusus unutk mengukur suhu orang orang, apa saja sih alat alat khusus yang digunakan orang untuk mengukur suhu. berikut ini beberapa ala khusus yang digunakan orang untuk mengukur suhu.

  1. Termometer telinga
  2. Termometer elektronik
  3. Termometer dahi
  4. Termometer sekali pakai
  5. Termometer dot
  6. Termometer arteri temporal

itulah alat alat khusus yang digunakan untuk mengukur suhu, sampai sini saja saya menyampaikan, semoga informasinya dapat bermanfaat bagi kalian semua. dan sampai jumpa.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *